Dekatkan Layanan Vaksinasi bagi Lansia

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, dr Harisson.

PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harrison meminta agar cakupan vaksinasi bagi lansia terus ditingkatkan.

Salah satu cara yang dilakukan memberikan fasilitas dan kemudahan akses bagi lansia yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi. Misalnya dengan mendekatkan pelayanan vaksinasi itu bagi lansia.
“Jadi bisa dilaksanakan di Posyandu, maupun Pospindu, atau melaksanakan pelayanan itu di Puskesmas Pembantu atau Poskesdes,” jelas Harrison di Pontianak, kemarin.

Harrison menambahkan agar dinas kesehatan kabupaten/kota melakukan percepatan vaksinasi lansia. Pelaksanaan vaksinasi itu bisa dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra-sentra vaksinasi Covid-19.
“Masyarakat lanjut usia dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP,” kata Harrison.

Selain itu dinas kesehatan kabupaten/kota juga perlu melakukan kerjasama dengan komunitas, organisasi lokal maupun pihak swasta untuk mobilisasi lansia dalam melakukan vaksinasi.
“Mulai dari mendaftarkan hingga antar jemput lansia yang ingin vaksinasi,” jelas dia.

Ia mengatakan relawan yang membawa lansia untuk divaksin juga mendapatkan kesempatan untuk vaksinasi Covid-19.

Adapun mekanismenya satu berbanding dua orang atau lebih. Satu relawan bisa divaksin Covid-19 jika membawa dua orang lansia untuk vaksinasi.
“Relawan yang membawa lansia untuk divaksin harus berumur 18 tahun ke atas agar dapat divaksin,” pungkas Harrison. (mse)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!