Dengan Advanced Biodiesel, Klaim Dunia Terhadap Sawit Indonesia Selesai ?

“Dengan menggunakan bahan baku minyak sawit off-spec serta teknologi proses yang adaptif kompetitif akan dihasilkan Advanced Biodiesel, yang selanjutnya akan mendapatkan reward dari masyarakat Eropa dan Amerika berupa bebas dari Bea Masuk Anti Subsidi (0%), insentif harga dan green energy”.

Itu harapan, tetapi bisa jadi masyarakat Eropa dan Amerika makin penasaran dengan program Biodiesel B30 hingga B100 saat ini hingga ke depan yang menjadi program prioritas pemerintah. Sudahkah Biodiesel Indonesia in line dengan program dunia?

Masyarakat dunia masih kesal. Ini tak lain dikarenakan penggunaan minyak sawit (food use) sebagai bahan baku untuk biodiesel di tanah air. Juga pemberian subsidi terhadap produk ini. Masyarakat Eropa sejak Agustus 2019 telah mengenakan Bea Masuk Anti Subsidi 8-18 % untuk Biodiesel Indonesia yang dieksport ke Eropa (CNBC Indonesia).

Program masyarakat Eropa dan Amerika adalah mengurangi penggunaan minyak makan sebagai bahan baku untuk biodiesel, sebaliknya mendorong penggunaan minyak non pangan (non-food use) pengganti sawit dan sebagainya sebagai bahan untuk Advanced Biodiesel.

Saking getolnya akan Advanced Biodiesel, disediakanlah stimulant yang meliputi 0% bea tarif masuk biodiesel ke Eropa dan Amerika, diberi insentif, ditambah quota setiap tahun, diklaim sebagai green energy dan sebagainya.

Hilang nalarnya terhadap Biodiesel Indonesia, sehingga gunakan jurus mabuk (drunken master), tak mendengar cakap, embargo serampangan jadi jurus pamungkas.

Kita diam, tentu tidak. Kitapun paham bahwa ketika terjadi konflik antara sawit untuk pangan (food security) dengan sawit untuk bahan bakar (energy security), maka kitapun sederap selangkah dengan pikiran masyarakat dunia, yaitu food lebih penting. Tetapi mereka harus paham juga ketika surplus sawit dialami oleh kita, so what?

Read Previous

Rakernas PDI Perjuangan Bahas Soal Jalur Rempah Dunia

Read Next

Hotel Bidik Cuan Pada Momen Imlek

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *