Desa Penibung dan Kuala Secapah Deklarasi ODF

PIAGAM: Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH memberikan piagam kepada Kepala Desa yang melaksanakan deklarasi ODF.Istimewa

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF)/Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Penibung dan Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir. Deklarasi dipimpin Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, Selasa (6/4) siang di Mempawah Convention Center (MCC).

Dalam sambutannya, Erlina menjelaskan, kesehatan merupakan keadaan kesejahteraan dari fisik, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap manusia hidup produktif. Bahkan, pasal 28 UUD 1945 menyebut kesehatan menjadi hak setiap individu dan warga negara mesti mendapatkan kesehatan. “Namun, masih ada di antara masyarakat yang mengartikan kesehatan sebatas penyembuhan penyakit. Padahal, pencegahan jauh lebih baik dari pada mengobati,” kata Erlina.

Erlina mengatakan, pembangunan kesehatan meliputi berbagai sektor. Di antaranya penyehatan lingkungan dengan membangun Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan pendekatan untuk merubahan perilaku higiene. “Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan strategi disusun dalam rangka memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat,” urainya.

Erlina menyebut, dampak yang diinginkan STBM menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan yang berkaitan dengan sanitasi maupun perilaku. Salah satu indikator STBM mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar. “Sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air disembarang tempat. Inilah yang dimaksud dengan ODF,” tegasnya.

Sampai saat ini, Erlina mengungkapkan masih banyak ditemukan perilaku buang air besar di sembarang tempat. Hal itu disebabkan tingkat sosial ekonomi yang rendah, kurangnya pengetahuan kesehatan lingkungan serta kebiasaan buruk pembuangan tinja. “Data Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah tahun 2021, perilaku masyarakat buang air besar disembarang tempat masih berkisar kurang lebih 21 persen. Maka, perlu pemicuan dengan mendorong terjadinya perubahan perilaku,” harapnya.

Kemudian, lanjut Erlina, masih berdasarkan data Dinas Kesehatan jumlah desa yang sudah ODF di Kabupaten Mempawah sebanyak 4 desa dari total 67 desa dan kelurahan. 4 desa tersebut yakni, Desa Sui Purun Kecil, Desa Sui Batang, Kelurahan Tanjung dan Desa Parit Bugis. “Maka dalam kegiatan ini, dilaksanakan deklarasi ODF di 2 desa yakni Desa Penibung dan Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!