Desa Wisata Berkelanjutan

PONTIANAK – Pencanangan Desa Wisata merupakan target pemerintah untuk mempromosikan kawasan wisata dan telah dimasukkan dalam Putusan Gubernur diantara 15 Desa yang ada se-Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kalbar, Windy Prihastary mengatakan bahwa Kabupaten Mempawah merupakan desa wisata berkelanjutan pertama yang dicanangkan di Kalbar.

“Pencanangan Desa Pentek sebagai Desa Wisata Berkelanjutan Kabupaten Mempawah ini menjadi desa pertama yang dicanangkan di Kalbar,” ungkap Kadisporapar saat menghadiri Pencanangan Desa Pentek sebagai Desa Wisata Berkelanjutan Kabupaten Mempawah dan Penancapan Tiang Pertama, Kamis (10/6).

Desa Wisata, dijelaskan Windy bukan hanya menampilkan potensi wisata tetapi di dalamnya ada faktor lingkungan budaya dan sejarah digital.

“Ketika melihat grand design di Desa Pentek, sangat luar biasa karena dari unsur yang masuk dalam kategori desa wisata ada didalamnya,” tuturnya.

Harapan di tahun depan, Desa Pentek bisa menjadi desa usulan dari Kalbar sesuai arahan Kemenkepraf untuk ikut Desa Wisata Award dan di 2022 lebih banyak mengusulkan desa wisata.

Dalam pengembangan desa wisata, Kadisporapar menambahkan pengembangan wisata tidak bisa bekerja sendiri harus bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan pengembangan desa wisata. Atraksi wisata yang akan menarik wisatawan sesuai brand di masa pandemi yang sesuai dengan tagline dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata di Kalbar ‘ayo wisata di Kalbar Jak’.

“Semoga akan segera melakukan pencanangan proses menuju peresmian desa wisata dengan pembangunan yang ada di Desa. Termasuk adanya desa-desa wisata lain yang ada di Kalbar sesuai dengan usulan Kabupaten/kota,” pungkasnya. (*/r)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!