Desak Wali Kota Keluarkan Protokol Covid Pesta Pernikahan

PONTIANAK-Anggota DPRD Kota Pontianak Rino Pandriya mendorong Wali Kota untuk segera mengeluarkan protokol kesehatan covid-19 untuk jenis usaha pesta pernikahan. Pasalnya dari sektor usaha tersebut ada banyak jasa pelayanan yang mati suri akibat covid-19.

“Wali Kota Pontianak harus mengeluarkan protokol kesehatan covid buat jenis usaha pesta pernikahan. Saya kembali mendapati keluhan dari teman-teman pegiat seni. Akibat pesta pernikahan tak boleh digelar, merekapun tidak bekerja selama covid,” ungkap Rino Pandriya kepada Pontianak Post, Selasa (7/7).

Ia menjelaskan seperti protokol covid-19 buat fasilitas umum. Meski belum dikeluarkan kenyataannya masyarakat sudah memenuhi lokasi-lokasi itu. Artinya kata dia pengawasannya patut dipertanyakan.

Dengan berkerumun seperti itu, apa bedanya dengan gelaran pesta perkawinan. Oleh karenanya Rino mendesak Wali Kota untuk segera mengeluarkan protokol kesehatan buat pelaksanaan pesta pernikahan.

Akibat larangan pesta pernikahan, ada banyak jasa usaha lumpuh. Pekerja seni, fotografer, katering makanan, penyewaan tenda, hias pengantin, dekorasi dan lainnya. “Mereka yang menjalani bidang ini jelas tidak ada pendapatan,” tegasnya.

Jikapun aturan tersebut belum dikeluarkan. Hendaknya Pemkot Pontianak lakukan pendataan untuk pekerja yang membidangi usaha tersebut. Setelah itu beri mereka bantuan. Ia tak ingin ada warga yang kelaparan karena bidang usahanya tak diizinkan dibuka.(iza)

loading...