Dilaporkan Minggat, Nurul Terjaring Razia

RAZIA: Petugas Satpol PP dengan dibekap sejumlah instansi seperti kepolisian, TNI, Imigrasi, Disdukcapil, serta Disporapar, saat menggelar razia sejumlah kafe, THM, indekos, hotel, dan penginapan, Sabtu (23/11) malam. ISTIMEWA

PUTUSSIBAU – Petugas terpaksa mengamankan seorang wanita pekerja kafe bernama Nurul ke Mapolres Kapuas Hulu. Wanita asal Kabupaten Kubu Raya tersebut sebelumnya dilaporkan minggat dari kediaman orang tuanya. Dia terjaring razia yang digelar petugas gabungan, Sabtu (23/11) malam pada sebuah kafe di Kecamatan Putussibau Selatan.

Wanita tersebut ditemukan bekerja sebagai pemandu di sebuah kafe. Menurut Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan, Nurul pernah dilaporkan oleh orang tuanya sendiri ke Polresta Pontianak, dengan laporang telah minggat dari rumah. “Maka dia kita bawa ke Mapolres (Kapuas Hulu), karena sebelumnya ada informasi bahwa orang tua yang bersangkutan sudah membuat pengaduan. Kemudian yang bersangkutan informasinya bekerja di sebuah kafe wilayah Putussibau Selatan,” ungkapnya.

Mereka pun mengorek keterangan dari yang bersangkutan. Ternyata benar, yang bersangkutan adalah orang yang mereka maksud. “Kita serahkan ke Unit PPA Polres Kapuas Hulu,” ungkapnya.

Razia yang digelar ini sendiri merupakan gawenya Satuan Kepolisian Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kapuas Hulu bersama kepolisian, TNI, Imigrasi, Disdukcapil, serta Disporapar. Mereka menyasar sejumlah kafe, tempat hiburan malam, indekos, hotel, dan penginapan di wilayah Putussibau. Sebelum menyisir tempat-tempat yang menjadi target razia, tim gabungan terlebih dahulu melakukan apel. Setelah apel dilanjutkan ke lokasi razia. Sesampai di setiap lokasi target, petugas memeriksa identitas penghuni maupun pengunjung tempat hiburan, termasuk yang berkaitan dengan perizinan.

Alhasil, razia gabungan yang dimulai  pukul 21.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB itu, menemukan pasangan bukan suami istri alias kumpul kebo. Pasangan tersebut terjaring dalam razia di Penginapan Kedamin Indah, Kelurahan  Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan.

“Tim gabungan menemukan pasangan bukan suami istri dan pasangan yang tidak memiliki KTP, berada dalam satu kamar di penginapan Kedamin Indah,” terang Edy Suhardi, kepala Bidang (Kabid) Penegakan dan Operasi Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu ditemui usai razia yang dilakukan hingga dinihari itu. Edy menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mendukung operasi tersebut, sehingga berjalan aman dan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan juga membenarkan bahwa dari hasil razia gabungan tersebut, ada tiga pasangan bukan suami istri yang diamankan. “Kami akan memberikan peringatan kepada pasangan kumpul kebo ini yakni berupa surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi,” tegas Kapolsek. (arf)

error: Content is protected !!