Dimakamkan Secara Militer, Begini Sosok Praka Ida Bagus di Mata Keluarga dan Kerabat

PENGHORMATAN TERAKHIR: Prosesi pemakaman Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman secara militer di Taman Makam Pahlawan Ngabang, Kabupaten Landak, Kamis (23/9). (ISTIMEWA)

NGABANG – Sejumlah prajurit TNI mengusung peti berselimutkan bendera merah putih berisi jenazah Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman menuju peristirahatan terakhirnya. Prajurit TNI yang gugur di Papua tersebut dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Ngabang, Kabupaten Landak, Kamis (23/9) pagi.

Proses pemakaman secara militer diawali dengan tabuhan drum dan tembakan salvo. Perlahan peti diturunkan ke liang lahat. Satu per satu keluarga menyampaikan doa terakhir sebelum makam ditutup

Ratusan orang mengantarkan jenazah. Tangisan kerabat dan teman dekat tak terbendung. Personel TNI, Polri dan pejabat dari lingkungan pemerintah memberikan penghormatan terakhir.

Ida Bagus Ketut Sutelsa, sang ayah dari Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengapresiasi anaknya yang telah gugur di medan pertempuran untuk membela negara di Papua.

“Saya tidak bisa mengucapkan kata-kata banyak selain saya mengikhlaskan anak saya walaupun berat hati kami,” katanya di Taman Makam Pahlawan Ngabang dengan terbata-bata.

Sebelumnya, jenazah Praka Anumerta Ida Bagus Putu disemayamkan di rumah duka di Dusun Tungkul Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang. Jenazah tiba pada Rabu (22/9) malam sekitar pukul 22.40 WIB. Isak tangis histeris keluarga, kerabat hingga teman dekat menyambut almarhum di rumah duka.

Menurut sang Ayah, almarhum dikenal sebagai sosok pendiam, namun baik di mata keluarga dan teman-teman. Almarhum meninggalkan adik yang masih duduk di bangku kelas 9 SMP.

“Anak saya itu pendiam, tidak banyak omong, baik orangnya. Teman sekolahnya yang datang tadi, mereka cerita anak saya baik orangnya,” kenang Ketut Sutelsa. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!