Disdukcapil Siapkan Data Penduduk

DIABADIKAN: Sekda, kepala BPSDM, Widyaiswara, panitia dan peserta diabadikan usai pengalungan tanda peserta.FOTO AGUS SULAIMAN

Jelang Pilkada 2020

SINTANG-Menjelang Pilkada yang akan diadakan serentak pada tahun mendatang, dimana Kabupaten Sintang juga turut akan menghelat pesta demokrasi tersebut dalam memilih bupati dan wakil bupati kedepannya. Untuk mempersiapkan perhelatan Pilkada mendatang, Disdukcapil Sintang sudah mulai mendata dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sintang, Syarif M Taufik menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung suksesnya pemilihan Bupati/Wakil Bupati 2020 mendatang.

Salah satu bentuk dukungan itu adalah menyiapkan dokumen kependudukan untuk keperluan memilih. Karena menurut Syarif, memang tugas Disdukcapil melalui Kementrian Dalam Negeri untuk mengurus data kependudukan.

“Kami siap mendukung KPU demi suksesnya pemilu. Karena, Disdukcapil melalui Kemendagri memang diminta membantu terkait data kependudukan,” kata Taufik, baru-baru ini.

Ia mengatakan, pada bulan lalu, Disdukcapil sudah berkoordinasi dengan KPU tentang beberapa aspek data yang diperlukan untuk penyempurnaan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Kami ini sifatnya membantu. Tapi proses penetapan DPS, DPT hingga DPK semuanya kewenangan KPU. Kami membantu sepenuhnya sesuai kompetensi yang ada dan sistem yang ada,” ucapnya.

Ia mengatakan, dokumen kependudukan mengacu sistem SIAK. Jadi, data base e-KTP tersimpan dengan baik.

“Jika ada data diperlukan, kita selalu berkoordinasi. Baik itu ke provinsi, kementerian atau KPU. Setiap Pilkada, Disdukcapil selalu bersinergi untuk mensukseskan pemilu. Terutama, terkait data pemilih yang semakin baik,” pungkasnya. (fds)

Read Previous

Sembilan Pengendara Terjaring Operasi Patuh

Read Next

Problematika Anggaran dalam Pilkada 2020

Tinggalkan Balasan

Most Popular