Diskominfo Kalbar Wujudkan Proses Perizinan yang Cepat

SENIN, 19 Agustus 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan kegiatan “Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Signature dalam Mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menuju Pemprov Kalbar Clean & Good Governance”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Gubernur Gedung Balai Petitih, Kalbar.

Kegiatan ini berdasarkan reformasi birokrasi yang telah dicanangkan sejak tahun 2010. Salah satu sistem pemerintahan yang efisien secara parsial telah dilaksanakan dalam bentuk aplikasi-aplikasi. Diskominfo Kalbar bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara yang kedepannya dapat lebih terukur naskah dinas yang diperkuat tandatangan digital.

Terealisasinya sistem ini diharapkan dapat terhimpun database dan memperhitungkan efisiensi penghematan seperti kertas dan tinta. Adapun targetnya untuk lebih efektif khususnya dalam perizinan dengan tandatangan digital baik itu izin dan non izin. Tujuan mewujudkan layanan teknologi informasi sesuai perpres No 95 tahun 2018 tentang sisitem pemerintah berbasis elektronik atau E-Government.

Tandatangan digital sudah sah diakui hukum dan kekuatannya sama dengan tandatangan basah.

“Saya berharap kedepannya semua pelayanan pemerintahan dapat melayani masyrakat dalam hal perizininan dapat selesai dalam 1 hari. Saat ini semua surat sudah ada barcode kecuali surat waris dan izin nikah sehingga sudah tidak perlu lagi ketemu antara pemerintah dan warga Kalbar (pemohon izin). Pelayanan modern ini harus simpel, transparasi dan cepat, oleh karena itu jangan lagi menambah dan mempersulit syarat. Mari kita jadikan Kalbar menjadi proses izin yang tercepat,” tegas Sutardmidji selaku Gubernur Kalbar.(ryan/biz)

Read Previous

Tahan Diri untuk Swafoto

Read Next

Vandille Al Rasyid; Gelisah Bencana Karhutla

Tinggalkan Balasan

Most Popular