Ditunggu Fasilitas Olah Raga Memadai

SIMBOLIS: Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan olahraga dan tali asih bagi atlet berprestasi di Kubu Raya. Ashri Isnaini/Pontianak Post

Berharap Segera Bangun GOR

SUNGAI RAYA — Melihat masih minimnya fasilitas olahraga di Kubu Raya membuat Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kubu Raya, Yakob berharap ke depan Pemerintah Kubu Raya bisa mendorong pembangunan fasilitas olahraga termasuk Gedung Olahraga (GOR) yang memadai di kabupaten ini.

“Untuk beberapa cabang olahraga yang sudah ada tempat latihan sendiri, namun memang secara umum masih diperlukan adanya pembangunan fasilitas olahraga yang lebih memadai. Semoga saja suatu saat di Kubu Raya bisa dibangun GOR untuk menunjang kegiatan atlet dan sekaligus diharapkan bisa memotivasi para atlet untuk lebih bersemangat meraih prestasi,” kata Yakob kepada wartawan, Rabu (9/9) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya usai menghadiri penyerahan bantuan peralatan olahraga yang berasal dari dana hibah Pemerintah Kubu Raya dan pemberian tali asih bagi atlet berprestasi di tingkat internasional yaitu atlet angkat berat di Hongkong dan hapkido di Canada.

Yakob pun menegaskan pihaknya akan terus berupaya mendorong Pemerintah Kubu Raya untuk bisa membangun fasilitas GOR yang memadai di kabuapaten ini. “Kami akui hingga saat masih banyak instansi pemerintahan yang belum memiliki kantor definitif, namun tetap kami upayakan juga untukmendorong agar pengadaan pembangunan GOR juga bisa menjadi prioritas,” ungkapnya.

Ditanya mengenai potensi dan jumlah atlet, kata Yakob sejauh ini Kubu Raya cukup banyak memiliki atlet yang berpotensi dan berprestasi, hanya saja lanjutnya sejauh ini fasilitas tempat latihan bagi para atlet memang masih terbatas. “Untungnya kita berdekatan dengan Kota Pontianak, jadi  bagi cabang olahraga yang belum memiliki tempat latihan representatif di Kubu Raya, maka atlet-atlet kita juga biasa numpang latihan di Kota Pontianak,” katanya.

Kendati mengakui masih banyak keterbatasan yang dimiliki, namun kata Yakob, KONI Kubu Raya tetap bertangungjawab dalam upaya menunjang peningkatan prestasi atlet di kabupaten ini. “Bagi atlet berprestasi sebisa mungkin kami berikan reward dengan tujuan bisa memotivasi atlet untuk lebih giat meningkatkan kualitas diri untuk mengukir prestasi disetiap cabang olahraga,” ujarnya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan yang secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan olahraga dan tail asih bagi atlet beprestasi di Kubu Raya mengatakan, diserahkannya bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah sekaligus upaya untuk menggelorakan kembali tujuan dan manfaat dari olahraga. Terlebih Muda melihat dunia olahraga di Kubu Raya ini embrionya sudah sangat kuat dan masing-masing cabang olahraga berpotensi untuk mampu bersaing dengan daearah lain.

“Kedepannya, tinggal kita konsolidasikan lagi. Untuk itu diperlukan perluasan perspektif karena olahraga saat ini sudah menjadi industri dan juga menjadi magnet wisata, yang semua ini bisa dipapadukan dan kalender-kalendernya bisa diperkuat dengan kalender budaya dan lain sebagainya. Tentunya hal ini akan memiliki nilai tambah lebih tinggi dan akan memperngaruhi kunjungan serta pergerakan orang ke wilayah kita,” papar Muda Mahendrawan.

Muda pun mengaku sangat bangga dengan prestasi yang sudah raih anak-anak Kubu Raya. Meski keterbatasan anggaran, namun Kubu Raya selalu memberikan warna di Kalbar karena selalu mewakili di ajang nasional dan internasional.

“Slogan ‘dari kubu raya untuk Indonesia’ yang selalu kita gelorakan merupakan penyemangat untuk membuktikan, meskipun kita dari kampung, namun kita jangan sampai kampungan. Kita harus mampu membuktikan kalau kita mampu berprestasi dan berkontribusi bagi republik ini dengan gagasan, pikiran, prestasi, kemampuan, keahlian, keterampilan dan berbagai ide serta hal-hal yang mampu membaggakan dan memberikan yang bermanfaat bagi republik ini,” paparnya.

Dikesempatan yanga sama, kata Muda pada momen Haornas tahun 2020  harus dijadikan momentum a untuk menyatukan dan perekat bagi bangsa dan republik ini. sehingga kita harus kembali mengingat sejarah olahraga itu untuk mempersatukan bangsa.

“Melalui Haorans ini juga kita bangun perspektif bahwa olahraga itu bagian dari suatu yang menarik dan menjadi magnet dari sirkulasi orang yang masuk ke Kubu Raya dengan memiliki daerah strategis. Yang mana saat ini Pemkab Kubu Raya sedang berproses dengan segala sesuatunya dengan pemetaan digitalisasi. Sehingga keberadaan, posisi dan sebagainya bisa jelas dan terdata,” pungkasnya. (ash)

 

error: Content is protected !!