Dokumen yang Dibutuhkan untuk Liburan ke Eropa

Apa kamu berencana berlibur ke Eropa? Berlibur tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan, terlebih lagi untuk kamu yang pertama kali baru melakukan pengalaman liburan. Namun, untuk kamu yang baru pertama kali berlibur dengan destinasi tujuan ke luar negeri, hal ini bisa sedikit membingungkan.

Berbeda ketika kamu melakukan perjalanan di dalam negeri. Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan. Sebetulnya apa aja sih yang perlu kamu persiapkan? Apakah mempersiapkan dokumen-dokumen itu sulit? Nah, jangan khawatir, akan dibahas apa saja yang harus kamu persiapkan untuk pergi melakukan perjalanan liburan ke Eropa.

  1. Tiket pesawat

Saat mau berlibur, kamu pasti butuh tiket pesawat. Sebelum membeli tiket perjalanan, jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang karena hal ini diharuskan sebagai salah satu syarat untuk berkunjung ke beberapa negara di Eropa. Tiket yang sudah kamu beli perlu dicatat sehingga akan diketahui mulai kapan kamu tiba di negara tujuan dan kapan waktu kepulangannya. Saat ini, tiket pesawat sudah mudah untuk kamu beli bahkan hanya dengan lewat aplikasi online travel agent (OTA) seperti Traveloka.

  1. Paspor

Dokumen satu ini merupakan tanda pengenal wajib yang harus dimiliki saat kamu berkunjung ke luar negeri. Kalau belum punya paspor, sudah jelas kamu perlu membuatnya di kantor imigrasi. Namun, bagi kamu yang masa berlaku paspornya kurang dari enam bulan, harus melakukan perpanjangan terlebih dahulu.

Jarang ada negara yang mengizinkan wisatawan dengan masa berlaku paspor enam bulan untuk masuk. Kalau pun kamu sampai lolos di Indonesia, bukan berarti tidak ada kemungkinan kamu akan ditolak di negara tujuan. Kalau sampai ketahuan dan ditolak di imigrasi negara tujuan, kemungkinan terburuknya kamu bisa dideportasi.

  1. Surat tanda kesehatan

Surat ini berisi keterangan bahwa kamu sehat dan bebas dari penyakit menular. Dokumen ini penting karena menjadi salah satu syarat untuk memasuki negara-negara di Eropa. Beberapa negara bahkan juga mewajibkan kamu untuk melakukan vaksinasi dengan surat pernyataan bebas dari penyakit cacar, hepatitis dan kolera, atau penyakit diare yang disebabkan karena bakteri.

  1. Asuransi perjalanan

Nah, banyak negara di dunia yang sudah mewajibkan wisatawan untuk memiliki asuransi perjalanan. Jika tidak punya, jangan berharap kamu diizinkan untuk masuk. Dokumen ini merupakan salah satu dokumen penting yang disyaratkan saat kamu ingin berkunjung ke negara-negara yang berada di Eropa.

Bukan tanpa alasan, pemerintah negara-negara tersebut memberlakukan peraturan ini untuk menjamin bahwa perjalanan kamu terjamin dan lancar. Asuransi perjalanan harus mengakomodasi risiko wisatawan saat sakit, kecelakaan, atau bahkan meninggal dunia. Selain itu, asuransi perjalanan juga penting agar kamu bisa mendapatkan ganti rugi jika tiket pesawatmu ditunda atau dibatalkan. Nah, kalau mau lebih praktis, sekarang asuransi visa schengen terbaik bisa kamu dapatkan di Traveloka.

  1. Visa

Selain paspor, kamu harus memiliki visa sebagai syarat berkunjung ke negara-negara di Eropa. Visa yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi negara di Eropa adalah visa schengen, yaitu visa singkat bagi traveler yang akan mengunjungi negara-negara member Schengen.

Kamu bisa mengajukan permohonan visa ini di kedutaan negara yang akan dikunjungi. Agar kamu tidak bolak-balik, pastikan kamu sudah memiliki kelengkapan dokumen yang sudah disebutkan. Jika dokumennya sudah lengkap, kamu bisa melakukan kunjungan ke negara tersebut dengan lancar.

Nah, itulah kelengkapan dokumen yang kamu butuhkan saat pergi ke Eropa. Pada dasarnya beberapa negara lain juga mensyaratkan dokumen yang sama. Namun, perlu diketahui kalau ada beberapa dokumen khusus yang diperlukan. Jadi, kamu tidak bisa hanya berbekal paspor saja ya, kalau ingin berlibur ke Eropa.

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!