Dompet Ummat-BNI Distribusikan Hewan Kurban

PONTIANAK- Lembaga Dompet Ummat terus berkontribusi dalam menyebar manfaat berkurban. Hewan kurban yang dihimpun sejak dua bulan sebelum Idul Adha ini, kemudian dibagikan ke sejumlah lokasi yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota di Kalbar.

Yusuf, Direktur Eksekutif Dompet Ummat Kalbar mengatakan tahun ini terjadi penurunan jumlah hewan kurban yang disalurkan melalui Dompet Ummat.

Berdasarkan data sementara, jumlah hewan yang masuk tahun ini sebanyak 149 ekor Kambing dan tujuh ekor sapi. Meskipun kata dia, tidak menutup kemungkinan masih bisa ada penambahan.

Pihaknya juga telah mendistribusikan hewan kurban ini ke berbagai daerah di Kalbar. Nantinya, pemotongan dan distribusi langsung ke masyarakat disesuaikan dengan daerah masing-masing.

“Ada yang hari ini (Jumat, red) ada juga yang besok. Bergantung daerahnya masing-masing,” katanya.

Para pekurban, kata dia umumnya masyarakat dan ada juga yang dari perusahaan. “Dari hewan kurban kambing itu, kemudian kami ajak untuk konversi ke sapi,” paparnya.

Jumat (31/7), tim Dompet Ummat juga tampak sibuk menyembelih empat ekor sapi. Sapi ini merupakan kurban dari Karyawan Bank BNI Cabang Pontianak.

Bersama Tim BNI Cabang Pontianak membaur bersama, melakukan pengulitan, pemotongan, hingga pencacahan daging dan tulang untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat yang berhak. Sudah dua tahun, Dompet Ummat bekerjasama dengan BNI cabang Pontianak dalam penyediaan hewan dan pemotongan.

Muhammad Farid Ma’Rof, Pemimpin Cabang BNI, Kantor Cabang Pontianak mengatakan partisipasi karyawan BNI untuk berkurban sudah menjadi agenda tahunan. Bahkan sudah dilakukan jauh hari sebelum Idul Adha dengan sistem potong gaji.

Dia berharap, konstribusi ini terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, sehingga jumlah hewan kurban semakin banyak yang disalurkan ke masyarakat.

“Distribusinya nanti ke masyarakat sekitar, ada juga yang ke panti asuhan dan pondok pesantren,” jelasnya.
Harapan lainnya, kata dia hal ini dapat dijadikan semangat dalam meningkatkan ibadah kepada Allah. Terjalin silaturahim dan sinergi antara lembaga dalam hal ini Dompet Ummat, BNI dan Pontianak Post.

“Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan keimanan,” Pungkasnya. (mrd)

loading...