Dorong Perubahan Status Jalan Provinsi ke Nasional

RAPAT PEMBAHASAN: Rapat kerja pembahasan perubahan status jalan Provinsi menjadi jalan nasional di Gedung DPRD Kayong Utara, Rabu (15/7). PAGE FACEBOOK DPRD KAYONG UTARA

SUKADANA – Eksekutif dan legislatif Kabupaten Kayong Utara terus berupaya mendorong status jalan Provinsi antara Teluk Batang – Siduk,  menjadi jalan nasional. Sebab, jika tidak dilakukan saat ini, maka kesempatan tersebut baru akan kembali ada 5 tahun ke depan.

Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kayong Utara, Suratmin, mengungkapkan, jalan tersebut yang dimaksud merupakan ruas jalan milik Pemerintah Provinsi yang ada di Kabupaten Kayong Utara. “Kaitan dengan itu untuk jalan Provinsi ke jalan nasional, pihak Dinas (PU-TR) bersama dewan (DPRD) Kabupaten Kayong Utara mengusulkan,” jelasnya di Sukadana, Rabu (15/7).

Suratmin menjelaskan, proses tersebut berada di Pemerintah Provinsi Kalbar. Sedangkan untuk jalan Melano – Perawas, sebelumnya, dikatakan dia, sudah dindaklanjuti, sejauh mana perkembangan yang selama ini sudah dilakukan. “Sementara proses berada di Provinsi. Kalau Melano – Perawas, karena sebelumnya sudah ada usulan, dan menindaklanjuti sejauh mana perkembangannya,” urainya.

Sementara itu, dalam pembahasan pengusualan jalan Provinsi menjadi jalan nasional di Gedung DPRD Kayong Utara bersama sejumlah anggota Komisi II. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kayong Utara, Abdul Zamad membenarkan mengenai hal tersebut. Jika untuk perubahan status jalan provinsi menjadi nasional, kalau tidak dilakukan saat ini, maka dikhawatirkan dia 5 tahun ke depan peluang tersebut baru akan ada lagi.

“Siap, betul. Kita mendorong status jalan nasional Teluk Batang – Siduk, jika tidak sekarang mau 5 tahun ke depan lagi peluangnya,” terang legislator dari Partai Golkar tersebut saat dikonformasi Pontianak Post di Sukadana.

Sementara itu, untuk rapat kerja tersebut, Senin (13/7) dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kayong Utara, Abdul Zamad didampingi Ketua Komisi II Alias, Wakil Ketua Komisi II Decky Sabiandi, Sekretaris Komisi II Bung Tomo, dan anggota Komisi II Yulisman dan Herwansyah, serta dihadiri Plt. Kepala Dinas PUTR Suratmin beserta kepala bidang dan staf pada Dinas PUPR Kabupaten Kayong Utara. (dan)

loading...