Dorong Terciptanya Lingkungan Bersih dan Sehat

 Gelar Pekan Sanitasi

SAMBAS – Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat. Untuk mewujudkannya, menjadi kewajiban pemerintah daerah dan masyarakat sehingga tersedia lingkungan yang sehat dan tidak mempunyai risiko buruk bagi kesehatan. Pemenuhan akses terhadap sanitasi dasar merupakan bagian dari upaya tersebut.

Sanitasi dasar adalah sanitasi minimum yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan sehat yang memenuhi syarat kesehatan dan menitikberatkan pada pengawasan berbagai faktor lingkungan yang memengaruhi derajat kesehatan manusia. Sanitasi dasar meliputi penyediaan jamban/WC sehat, perilaku mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah serta pengelolaan limbah cair di rumah tangga.

Bentuk kegiatan dalam mewujudkan pemenuhan terhadap sanitasi dasar salah satunya melalui Pekan Sanitasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pemanfaatan jamban dan air bersih untuk melindungi masyarakat dari ancaman penyakit menular terutama diare. Pekan Sanitasi merupakan kegitan lintas sektor dimana Dinas Kesehatan Kabupaten

Sambas bersama Kepala Desa dan Perangkatnya bersinergi dalam pembangunan jamban dan sarana air bersih. Hal ini telah dilakukan di Desa Piantus Kecamatan Sejangkung beberapa waktu yang lalu , tepatnya 18 Juli 2019 yang lalu. Melalui pekan sanitasi ini diharapkan meningkatnya keluarga yang memiliki jamban dan sarana air bersih serta meningkatnya kerjasama lintas sektor dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ponidi SKM MM mengatakan bahwa seyogyanya kegiatan Pekan Sanitasi ini dilaksanakan selama sepekan dengan berbagai kegiatan, yaitu Pembangunan Percontohan Jamban/WC Sehat Sederhana, Percontohan Sarana Air Bersih, percontohan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), percontohan Sarana Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga serta pembuatan Komposter untuk pengolahan sampah organik rumah tangga.

“Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan anak sekolah terhadap sanitasi, maka dilaksanakan kegaitan kampanye sanitasi di masyarakat dan kampanye hygiene dan Sanitasi Sekolah untuk siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri 9 Kenanai, Desa Piantus Kecamatan Sejangkung,” ungkap Ponidi.

Camat Sejangkung, Drs Bakhtiar M H dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan Pekan Sanitasi ini.

“bahkan kami bersama Puskesmas Sejangkung, Koramil Sejangkung, Polsek Sejangkung serta Desa Piantus siap sharing dana untuk mendukung kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat membawa dampak dalam peningkatan akses sanitasi dan perubahan perilaku kesehatan di masyarakat secara signifikan,” kata Bakhiar.

Disamping itu, dia juga mengharapkan dengan adanya peningkatan akses sanitasi ini, Desa Piantus akan menjadi desa ODF (Open Defecation Free) atau desa yang terbebas dari buang air besar sembarangan. “Melalui Kegiatan Pekan Sanitasi ini tentunya diharapkan menjadi langkah awal menuju peningkatan akses sanitasi dan perubahan perilaku kesehatan, sehingga tercipta lingkungan sehat, tumbuhnya generasi yang sehat cerdas dan unggul khususnya di Desa Piantus,” tutup bakhtiar.(fah)

Read Previous

Tujuh Fraksi Beri Persetujuan

Read Next

Kapal Hibah Kemenhub Tiba

Tinggalkan Balasan

Most Popular