Dortmund Boyong Malen, Halland Pilih Tetap 

Donyell Malen

Borussia Dortmund memboyong penyerang sayap Donyell Malen dari PSV Eindhoven, demikian diumumkan laman resmi klub Jerman itu pada Selasa.

Kedua tim tak mengungkapkan nilai transfer Malen, tetapi media-media Eropa melaporkan pemain berusia 22 tahun itu dibanderol seharga 34 juta euro (sekira Rp583,8 miliar).

Malen menuntaskan kepindahannya dengan tes kesehatan di Bad Ragaz, Swiss, lokasi pemusatan latihan pramusim Dortmund pada Senin (26/7) kemarin, sebelum menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2026.

“Borussia Dortmund adalah klub top Eropa dan selalu bersaing di papan atas Bundesliga, serta punya standard penampilan tinggi di Liga Champions,” kata Malen mengomentari kepindahannya.

“Saya tidak sabar untuk berada di lapangan bersama rekan-rekan baru, untuk mengukur kemampuan saya melawan tim-tim terbaik.

“Dan tentu saja saya tak sabar untuk bertemu para suporter yang menciptakan atmosfer di stadion yang kesohor seantero Eropa,” ujarnya menambahkan.

Malen naik daun jadi buruan klub-klub top Eropa setelah dua musim terakhir membukukan 27 gol dan 10 assist untuk PSV dalam 45 pertandingan di semua kompetisi.

Musim lalu Malen bahkan menjadi pemain tersubur bagi PSV di Liga Belanda dengan torehan 19 gol dalam 32 pertandingan.

Ia juga mulai menerobos pilihan utama tim nasional Belanda, di mana dalam rentang 2020-21 ia tampil 13 kali dan mencetak dua gol.

Mallen menjadi rekrutan keempat Dortmund dalam bursa transfer musim panas ini setelah mereka mendapatkan Soumaila Coulibaly dan Abdoulaye Kamara secara cuma-cuma dari Paris Saint-Germain serta memboyong kiper Gregor Kobel dari VfB Stuttgart.

Dortmund yang menjuarai Piala DFB Pokal 2020/21 akan mengawali musim 2021/22 dengan pertandingan putaran pertama kompetisi itu pada 7 Agustus melawan tim kasta ketiga Wehen Wiesbaden.

Sementara itu penyerang Norwegia Erling Haaland menegaskan dirinya masih akan bersama Borussia Dortmund musim ini setelah munculnya kabar ketertarikan Chelsea.

Dikutip dari Sky Sports, Rabu, Haaland menegaskan komitmennya ini ketika berada di latihan pramusim bersama Borussia Dortmund di Swiss.

Haaland mengakui tidak banyak yang bisa ia katakan dan dirinya masih mempunyai kontrak tiga tahun di Dortmund serta sangat menikmati bermain di sana.

Erling Haaland

“Saya tidak bisa bicara banyak soal ini. Saya masih mempunyai tiga tahun tersisa di kontrak saya dan saya menikmati waktu saya di sini (di Dortmund),” ujar Haaland.

Sebelumnya, Haaland mengungkapkan jika dirinya sudah sebulan lebih tidak melakukan komunikasi dengan agennya.

Haaland menjelaskan tidak terlalu peduli dengan kabar transfer yang terkait dengan dirinya dan berharap semua itu hanya rumor.

“Sebelum kemarin, saya tidak berbicara dengan agen saya dalam satu bulan, saya pikir kamu akan menemukan jawabannya di sana.”

“Saya tidak terlalu peduli dengan itu (kabar transfer). Itu adalah uang yang banyak, saya harap itu hanya rumor sejujurnya karena itu uang yang sangat banyak untuk satu orang,” ungkap Haaland.

Beberapa waktu lalu muncul kabar soal ketertarikan klub jawara Liga Champions, Chelsea terhadap Haaland.

Dikabarkan Chelsea siap menggelontorkan dana hingga 175 juta euro atau sekitar Rp 3 triliun untuk membawa Haaland ke Stamford Bridge.

Selain itu, dikabarkan juga Chelsea siap memasukkan Tammy Abraham atau Callum Hudson-Odoi ke dalam kesepakatan jika Dortmund berminat kepada salah satu pemainnya itu.(ant)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!