DPR Milenial Belum Optimal

Hillary Brigitta Lasut FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

Pengaruhi Opini Publik

JAKARTA– Kehadiran anggota DPR milenial berusia di bawah 30 belum mampu mempengaruhi opini publik. Pemberitaan media massa didominasi anggota dewan senior yang sudah lama eksis. Itu tercermin dari survei yang dilakukan Founding Fathers House (FFH) selama Oktober.

Dominasi wajah lama dilihat dari 1.765 judul berita dari sejumlah media massa. Baik media cetak dan media online. ’’Ini riset media yang mengukur kemampuan DPR milenial dalam beropini,” kata Direktur Eksekutif Founding Fathers House Dian Permata, kemarin (30/11).

Menurutnya, riset tersebut menjadi report dan rapor para anggota dewan milenial. Dari 1,765 pemberitaan, anggota DPR milenial hanya baru mengisi 2,5 persen ruang publikasi.

Itu bertolak belakang masa awal pelantikan 1 Oktober lalu. Di awal pelantikan, mereka ramai menjadi bahan pemberitaan.

Hillary Brigitta Lasut, misalnya. Di awal kemunculannya, politisi Nasdem itu cukup menyita perhatian pers. Selain usianya yang baru 23 tahun, dia juga didapuk sebagai pimpinan sidang DPR sementara. Perannya sebagai pimpinan sementara memantik perhatian luas saat itu. Dia pun ramai menjadi pemberitaan media massa. ’’Saat ini porsi kemunculannya di media hampir tidak ada,” ujarnya.

Menurut Dian, ada beberapa alasan mengapa media massa enggan mengutip mereka sebagai sumber berita. Salah satunya yang bersangkutan tidak menguasai isu. ’’Jadi antara isu dan isi tidak nyambung,” kata Dian Permata,

Anggota DPR milenial dinilai belum optimal memaksimalkan sumber daya. Termasuk memaksimalkan tenaga ahli. Padahal para tenaga ahli DPR direkrut untuk memaksimalkan peran dan fungsi wakil rakyat. Terutama dalam memberi gagasan, ide, solusi dan merespon isu-isu krusial.

’’Harusnya itu dimaksimalkan,” sambung peneliti Institut Riset Indonesia Wildan Hakim. (mar)

Read Previous

Polemik Kebijakan Kementerian Agama tentang Majelis Taklim

Read Next

Kasus Karhutla Dilimpahkan Awal Desember

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *