DPRD Bentuk Pansus

LKPj : Bupati menyerahkan LKPl 2019 kepada Pimpinan DPRD Mempawah. ISTIMEWA

Bupati Serahkan LKPj 2019

MEMPAWAH – DPRD Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Penjelasan Bupati Mempawah Mengenai Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2019, Senin (27/4) siang di Gedung DPRD Mempawah. Dihadiri perwakilan fraksi-fraksi dewan, paripurna dipimpin Ketua DPRD, Ria Mulyadi.

LKPJ 2019 dibacakan langsung oleh Bupati Mempawah, Erlina. Usai membacakan draf laporannya, Erlina menyerahkan dokumen LKPj 2019 kepada Ketua DPRD Mempawah, Ria Mulyadi didampingi Wakil Ketua DPRD, Darwis, dan Sayuti. Menindaklanjuti LKPj 2019 itu, DPRD Mempawah membentuk panitia khusus (pansus).

“Alhamdulillah, kita telah melaporkan LKPj 2019 dan diserahkan kepada DPRD Mempawah. Secara keseluruhan tidak ada kendala dalam penyampaian LKPj 2019 ini. Semuanya sudah disusun dan disampaikan sesuai prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan,” pendapat Erlina kepada wartawan.

Menurut Erlina, penyampaian LKPj merupakan bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Mempawah kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan kinerja daerah. Kemudian, lanjut Erlina, pelaporan tersebut akan menjadi bahan kajian dan evaluasi untuk perbaikan kinerja pemerintah daerah dimasa mendatang.

“Menindaklanjuti LKPj ini, DPRD telah membentuk pansus dewan. Kita berharap pansus dapat bekerja optimal agar nantinya dapat memberikan masukan, evaluasi dan rekomendasi yang tepat untuk perbaikan kerja pemerintah daerah di tahun 2020 ini,” harap Erlina.

Erlina memastikan pihaknya akan menerima setiap masukan dan rekomendasi dari pansus dewan dengan sikap profesional. Masukan dan saran yang dianggap tepat dan relevan untuk mengatasi permasalahan di daerah pasti akan dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

“Apa yang harus ditingkatkan dan diperbaiki nanti akan menjadi masukan bagi kita untuk perbaikan dimasa mendatang. Dan kita berharap proses LKPJ 2019 dapat segera selesai dengan baik sebagaimana prosedur dan mekanisme yang berlaku,” harapnya lagi.

Erlina menyebut, penyampaian LKPj tahun 2019 merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi pemerintah daerah yang meliputi pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pelayanan serta pemberdayaan masyarakat selama kurun waktu satu tahun yaitu tahun 2019.

“LKPj tahun 2019 merupakan tahun kelima dari Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mempawah serta merupakan tahun transisi kepemimpinan Bupati Mempawah Masa Bhakti 2014 – 2019 kepada Bupati Mempawah Masa Bakti Tahun 2019 – 2024,” jelas Erlina.

Pada dasarnya, menurut Erlina, hasil yang telah dicapai bersama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mempawah selama tahun 2019 merupakan akumulasi dari pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dari tahun sebelumnya. Yakni merujuk pada dokumen perencanaan RPJMD yang dilaksanakan secara sinergis, koordinatif, integratif dan berkelanjutan.

“Hasil yang telah dicapai merupakan kerja keras semua pihak. Baik itu esekutif dan legislatif, maupun seluruh stakeholder di Kabupaten Mempawah. Dan beberapa hal yang belum berhasil tentunya akan menjadi tantangan bersama untuk diatasi dimasa mendatang,” ujarnya.

Secara aturan, sambung Erlina, penyusunan LKPj 2019 dilandasi dengan semangat Pasal 69 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Mengingat ketentuan teknis berkaitan dengan mekanisme penyusunan dokumen pelaporan sebagaimana Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah belum ditetapkan, maka petunjuk lebih lanjut berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 tahun 2019 dan SE Mendagri Nomor 700/479/OTDA.

“Tujuan penyusunan dan penyampaian LKPJ merupakan upaya untuk mengungkapkan secara transparan pelaksanaan program maupun kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBD Kabupaten Mempawah tahun anggaran 2019,” tukasnya.(wah)

error: Content is protected !!