Duel Klasik Bersejarah Liverpool vs AC Milan

LIVERPOOL,- Duel dua tim papan atas ini merupakan salah satu partai perdana yang paling dinanti di Liga Champions 2021-2022 ini. Apalagi, masing-masing punya sejarah hebat sebagai raksasa sepak bola Eropa. Laga Liverpool vs AC Milan akan dihelat di Stadion Anfield tayang via live streaming Vidio, Kamis (16/11) pukul 02.00 WIB.

Baik Liverpool maupun AC Milan sama-sama mengantongi UEFA Badge of Honor, penghargaan yang tidak sembarang klub bisa raih. UEFA Badge of Honor yang diberikan kepada mereka yang telah lima kali memenangkan European Cup/Liga Champions, atau bisa juga secara tiga kali beruntun.

Selain itu, The Reds dan Rossoneri juga punya cerita masa lalu yang hebat saat berlaga di final Liga Champions. Sudah bukan rahasia lagi bahwa penampilan mereka di edisi Istanbul 2005 dan Athena 20017 telah mencatatkan sejarah tersendiri.Moral bertanding kedua tim di laga matchday pertama Grup B akan tinggi. Liverpool dan AC Milan punya dua momen bersejarah: “Miracle of Istanbul” dan “Miracle of Athena”.

Pada 2005, kedua tim berjumpa di partai final Liga Champions. Dalam laga di Stadion Ataturk, Istanbul, AC Milan unggul sejak menit pertama melalui gol sang kapten Paolo Maldini. I Diavolo Rosso menambah 2 gol lewat bomber asal Argentina, Hernan Crespo. Skor 3-0 untuk AC Milan bertahan hingga babak pertama usai.

Hingga jelang akhir laga, kemenangan AC Milan sudah tampak di depan mata. Namun demikian, The Reds menunjukkan come back epik, mencetak 3 gol hanya dalam rentang 6 menit sebelum babak kedua berakhir. Gol-gol Liverpool dicetak oleh Steven Gerrad, Vladimir Smicer, serta Xabi Alonso.

Saat perpanjangan waktu, skor masih bertahan sama kuat. Oleh sebab itu, pemenang diputuskan lewat adu penalti. Dalam kesempatan tersebut, The Reds akhirnya jadi kampiun UCL 2005 usai menang 3-2 via babak tos-tosan. Hingga kini momen itu dikenang sebagai “Miracle of Istanbul”.

Dua tahun berselang di Yunani, kedua tim bertemu kembali di final UCL 2007. Dalam laga yang digelar di Stadion Olimpiade, Athena, Rossoneri bertekad balas dendam atas kekalahan menyakitkan di Istanbul. AC Milan memimpin di babak pertama lewat tendangan bebas Andrea Pirlo yang dibelokkan oleh Filippo Inzaghi.

Di babak kedua, Inzaghi kembali mencetak gol untuk menegaskan keunggulan AC Milan jadi 2-0. The Reds akhirnya hanya bisa membalas 1 gol lewat gol telat Dirk Kuyt. Laga balas dendam itu kemudian dikenang oleh para tifosi AC Milan sebagai “Miracle of Athena”.

“Ini bukan soal sejarah, biarkanlah itu dikenang sepanjang waktu. Tapi yang utama ini adalah soal pertandingan itu sendiri, baik kualitas, kesiapan pemain dan lain sebagainya. Percuma kalau kita hanya mengandalkan sejarah tapi tim kita sendiri compang camping.Kita fokus pada saat ini dengan kualitasnya,” tegas pelatih Liverpool Jurgen Klopp disitus resmi klub.

Liverpool tidak akan diperkuat oleh tiga pemain andalannya yakni Elliott, Neco Williams dan Roberto Firmino karena masih menjalani pemulihan cedera. Alisson Becker dan Fabinho akan kembali merumput di laga ini setelah sebelumnya terkena larangan protokol kesehatan covid-19.Sementara, di kubu AC Milan dilaporkan tidak akan diperkuat oleh  Ibra, Tiemoue Bakayoko karena mengalami cedera saat melawan Lazio.

Pelatih AC Milan Stefano Pioli menegaskan laga ini bukalah mudah, tapi akan ketat.Selama 90 menit semua lini akan saling adu kekuatan. Oleh karenanya setiap pemain tidak boleh lengah, karena itu akan menguntunkan tim lawan. “Pemain kami harus fokus selama pertandingan, sebab hal kecil bisa membuat pertandingan ini akan berbeda hasilnya,” tegasnya.

Selepas dua momen tersebut, Liverpool dan AC Milan baru bertemu 2 kali, tepatnya di ajang turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) tahun 2014 dan 2016. The Reds kembali mendominasi dengan selalu unggul 2-0 tiap laga.

Jelang duel terkini di matchday pertama UCL nanti, kedua tim sama-sama dalam tren positif. The Reds baru saja menekuk Leeds 3-0 dalam partai tandang Liga Inggris, sementara AC Milan menang 2-0 di laga terbaru kontra Lazio di Liga Italia Serie A. (int)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!