Dukung Pelayanan Berbasis Digital

PONTIANAK – Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mendukung penerapan berbasis digital yang diterapkan BPJS Kesehatan untuk pelayanan di masa pandemi.

Ia melanjutkan dalam layanan digital itu masyarakat mendapat informasi detail soal daftar antrian, tindakan medis, hingga ketersediaan kamar.

“Ini menjadi terobosan dalam rangka mewujudkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pelayanan,” K
kata Tulus dalam Media Workshop dan Anugerah Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020 yang berlangsung secara virtual, Jumat (23/10).

Ia menyebutkan indeks kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014, angkanya 75 persen. Naik jadi 79,7 persen di tahun 2018, dan menanjak 85 persen di tahun 2019.

Sementara indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang semula 65 persen (2014), menjadi 75,8 persen pada 2018, meningkat menjadi 80 persen pada 2019.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan ada peningkatan pelayanan dalam jaringan selama di masa pandemi.

Sebelum masa pandemi peserta memilih datang ke kantor cabang dengan beragam keperluan. Kini lebih banyak menggunakan Mobile JKN, Care Center, media sosial, atau ke Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) RS.

“Jadi bisa dilakukan dari rumah dan tidak harus ke kantor cabang,” sebut Andayani.

Ia menyebutkan pengguna mobile JKN hingga saat ini mencapai 10.299.968 peserta. Dari data itu yang memanfaatkan untuk perubahan FKTP sebanyak 1.745.436. Lalu perubahan alamat sebanyak 836.922, perubahan kelas 744.127, pendaftaran 508.186, permintaan informasi 214.543, dan pengaduan 34.879.

Sedang Call Center, peserta memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi sebanyak 868.705, perubahan data 33.426, pengaduan 29.861, dan konsultasi kesehatan 1.261.

Andayani menambahkan fasilitas lain yang disediakan BPJS yakni chat asistant JKN (Chika). Melalui fasilitas ini peserta bisa mendapatkan informasi dari status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur layanan JKN-KIS, prosedur pendaftaran progam JKN-KIS, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, lokasi kantor BPJS Kesehatan, informasi kesehatan, hingga layanan administrasi. (mse)

error: Content is protected !!