Dukung Penambahan Landasan Pacu

Yosepha Hasnah

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa ada kebutuhan peningkatan fasilitas di Bandara Tebelian Sintang. Sebagai untuk jadi calon ibukota Provinsi Kapuas Raya dan juga tantangan keamanan di perbatasan, Senin (23/8).

“Memang sudah seharusnya. Karena sudah menjelang 5 tahun beroperasi, belum pernah ada evaluasi terhadap rencana induknya,” katanya.

Ia pun menekankan pentingnya kehadiran Bandara Tebelian di Sintang yang akan menjadi calon ibukota Provinsi Kapuas Raya. “Sudah santer terdengar bahwa Sintang sangat strategis jadi ibukota Provinsi Kapuas Raya. Bapak Gubernur kita sudah berulang kali mengatakan bahwa Provinsi Kapuas Raya harus jadi. Tentu kita harus mempersiapkan diri,” ujarnya.

Selain itu, Sintang yang merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia menuntut adanya bandara yang baik untuk keperluan keamanan. “Ada permintaan dari TNI supaya kita di Bandara Sungai Tebelian mengakomodir landasan pacu untuk patroli daerah perbatasan,” ungkapnya.

Ia pun mendukung rencana penambahan landasan pacu di Bandara Tebelian oleh Kementerian Perhubungan. Ia pun berharap rencana penambahan landasan pacu itu ditambah 600 meter dari rencana yang telah dibuat Kementerian Perhubungan. “Kami ini, jangankan 2.400 meter, landasan pacu bandara Tebelian juga kami dukung kalau dibangun  mencapai 3.000 meter,” terangnya.

Lebih lanjut terkait aspek keamanan, ia berharap dibangun lagi fasilitas militer di Bandara Tebelian. Hasnah berharap itu dipertimbangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Soal penambahan fasilitas militer dan aktivitas pertahanan keamanan di Bandara Tebelian, saya berharap sudah masuk dalam RTRW Provinsi Kalimantan Barat,” pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!