Dukung Penanganan Banjir Wilayah Kalbar

SUNGAI RAYA — Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat mengakibatkan listrik dan jaringan telekomunikasi terputus.

Untuk memudahkan komunikasi, pada hari Rabu kemarin Perhubungan Kodam (Hubdam) XII Tanjungpura mendirikan Posko Bantuan Komunikasi di lokasi banjir diantaranya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu dan Pemuar, di Kabupaten Melawi.

Wakahubdam XII Tanjungpura, Letkol Chb Syahrul Romadhan menerangkan, pendirian Posko Bantuan Komunikasi di lokasi banjir ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengingat PLN di lokasi banjir mati total sehingga sinyal atau jaringan internet lumpuh.

“Menindaklanjuti perintah tersebut, salah satu yang kami lakukan adalah dengan menggelar radio Single Side Band (SSB) yang dilengkapi dengan sumber tenaga melalui Solar Cell atau tenaga surya,” jelasnya.

Syahrul Romadhan menambahkan, radio SSB digelar oleh Hubdam XII Tanjungpura melalui dua tim dari personel Denhubrem 121/Abw. Tim menggelar radio SSB di di Koramil 1205-16/Pemuar dan Kodim 1206/Psb.

“Alhamdulilah setelah seluruh instalasi radio terpasang di dua lokasi, semuanya sudah bisa dilakukan untuk komunikasi, baik ke Makodim, Korem dan Kodam,” jelasnya.

Selain mendirikan Posko Bantuan Komunikasi disejumlah lokasi banjir, untuk mendukung penanganan bencana banjir di wilayah Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Pembekalan Angkutan Kodam (Bekangdam) XII Tanjungpura memberikan dukungan 2 unit LCR atau perahu karet serta perlengkapannya kepada Koramil 1206-12/Manday. Penyerahan dukungan perahu karet dilaksanakan di Makoramil.

Dukungan perahu karet diserahkan oleh Bekangdam XII/Tpr melalui Denbekang XII-44-02/Sintang kepada Koramil Manday yang diterima oleh Pasiter Korem 121/Abw, Mayor Inf Suhendi. Selain dilengkapi dengan dua buah mesin 40 PK dan 25 PK, LCR ini juga disertai dengan personel yang mengawaki serta peralatan lainnya, seperti dayung dan pelampung.

Kabekangdam XII Tanjungpura, Letkol Cba M. Risal Salewangang mengatakan, dukungan bantuan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan penanganan banjir oleh TNI di wilayah Kecamatan Kalis.

Letkol Cba M. Risal Salewangang juga menyampaikan, sampai saat ini banjir masih terjadi di beberapa wilayah di Kapuas Hulu. Sehingga dibutuhkan penanganan secara cepat dan tepat.

“Untuk itulah kita berikan dukungan LCR, ini akan sangat membantu personel di lapangan tiba ke lokasi banjir. Sehingga personel kita bisa cepat melakukan evakuasi maupun menyalurkan bantuan nantinya,” jelas M. Risal Salewangang. (ash)

error: Content is protected !!