Dukung Pengembangan Beras Lokal Kubu Raya

SUNGAI RAYA — Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kubu Raya, Sukadi mengapresiasi komitmen Pemerintah Kubu Raya untuk kembali menggeliatkan program beras lokal di kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini.

Menurutnya KTNA yang tersebar di sembilan kecamatan Kubu Raya siap menyukseskan program beras lokal. Bahkan kata Sukadi, tugas di setiap KTNA kecamatan sudah dibagi melalui ketua-ketua kecamatan.

“Namun yang masih menjadi kendala saat ini berkaitan dengan jumlah kebutuhan beras yang belum diketahui secara pasti. Sejauh ini kami belum mengetahui setiap SKPD kebutuhannya berapa banyak. karena memang sudah ada data, namun belum akurat,” kata Sukadi, Kamis (6/8) saat menghadiri tindak lanjut naskah kesepakatan bersama antara KTNA dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Untuk mengoptimalkan program beras lokal Kubu Raya Sukadi berharap pemerintah kabupaten memberikan bantuan sarana perontok dan transportasi. Menurutnya, kedua hal itu menurutnya sangat penting demi memastikan sirkulasi beras berjalan tepat waktu.

“KTNA berterima kasih kepada pemerintah kabupaten karena telah diberi kepercayaan. Adapun masalah yang biasa terjadi misalnya ada beras yang kuning ataupun hitam, itu bisa karena keterlambatan merontok. Selain itu juga karena pengangkutan dari sawah,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan komitmennya untuk menghidupkan kembali program beras lokal Kubu Raya. Hal itu dilakukan dengan memberikan jaminan pasar sistemik yang konkret. Salah satu caranya melalui kerja sama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kubu Raya.

“Dalam sistem pasar sistemik untuk beras lokal ini, nantinya setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kubu Raya diarahkan untuk membeli beras produksi masyarakat petani lokal,” ucapnya. (ash)

loading...