Dukungan Pemkot Singkawang, Spirit Bagi Tim Kota

Kota Singkawang merupakan salah satu pemeritahan kota/kabuapten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Kota Singkawang merupakan perpaduan kota pantai sekaligus perbukitan yang sangat unik. Bahkan Gunung besar yang ada di bagian selatan Kota Singkawang langsung menyentuh bibir Pantai Laut Natuna.

Gugusan pegunungan di wilayah Singkawang Selatan yang membentang dari Gunung Poteng disebelah timur hingga Gunung Besar di barat memberikan kesan indah dan sejuk bagi kota ini.

Sehingga dari kondisi geografis tersebut, tak ayal Singkawang memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang cocok bagi para para wisata dan budaya tionghoa yang terasa khas ketika kita memasuki jantung kota Singkawang. Sehingga Kota Singkawang juga memiliki nama lain, seperti Kota Amoi atau Kota Seribu kelenteng. 

Seiring perkembangan jaman, Kota Singkawang terus mengalami kemajuan pesat pada sektor pembangunan dan perekonomian. Hal ini tak lepas dari peran Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, ingin mewujudkan Kota Singkawang sebagai ikonnya kota wisata Kalimatan Barat bahkan nasional sebagai salah satu pilihan destinasi bagi para wisatawan. 

Untuk mencapai hal tersebut, tentu salah satu yang harus dibenahi adalah terdapatnya kawasan-kawasan kumuh yang harus ditata kembali menjadi kawasan yang produktif dan berdaya guna dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Kebijakan Program ini tentu sejalan dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan kelompok masyarakat untuk melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan.

Adapun salah satu daerah di Kota Singkawang yang dilakukan penataan dari kerja kolaborasi Pemkot Singkawang dan Program Kotaku adalah membangun Kawasan Kuala agar menjadi “Wonderfull of Singkawang Riverside” sebagai penunjang keberadaan pariwisata. 

Untuk mencapai hal ini, setidaknya ada enam konsep yang telah disiapkan, yakni penataan sungai, peningkatan kualitas infrastruktur lingkungan, peningkatan kualitas ekonomi dan sosial masyarakat setempat, penyedian ruang terbuka publik, sistem pengelolaan limbah, peremajaan bangunan yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, dan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang PHBS agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kualitas infrastruktur yang sudah dibangun. 

Wujud dukungan Pemkot Singkawang dalam pengentasan kawasan kumuh dengan menerbitkan  kebijakan-kebijakan terhadap pengurangan daerah kumuh, sekaligus memonitor langsung proses pembangunan dari sosialisasi hingga pelaksanaan dengan menargetkan penataan kawasan kumuh di Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat, dan Kelurahan Sedau yang mengharuskan dilakukan melalui kolaborasi dari berbagai OPD dan masyarakat merupakan hal yang sangat positif dan spirit bagi Tim Program Kotaku dalam pelaksanaanya. 

“ Keikutsertaan peran walikota sebagai nakhoda yang melakukan fungsi pembinaan, pengarahan, dan sekaligus meng-evaluasi atas proses pelaksanaan kegiatan yang sedang berjalan maupun pasca pelaksanaan merupakan salah satu faktor keberhasilan penataan permukiman yang sedang dikerjakan. (Sumber Qc-7 Kotaku Prov. Kalbar)

Keterangan Foto

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, saat meninjau pelaksanaan Penataan Kawasan Kumuh

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie

 

error: Content is protected !!