Duta Pertanian harus jadi Juru Kampanye Pertanian

GRAND FINAL : Grand Final Duta Pertanian 2019, yang menjadi rangkaian dalam kegiatan Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, digelar Sabtu (31/8) malam. Terpilih Arif Fadilah, serta Irma Deva Oktavianti, sebagai juara katagori putra dan putri dalam ajang tersebut. SITI/PONTIANAK POST

PONTIANAK – Tahapan Pemilihan Duta Pertanian 2019 sudah selesai. Arif Fadilah, delegasi dari Kabupaten Mempawah, serta Irma Deva Oktavianti, delegasi Kabupaten Kapuas Hulu, masing – masing keluar sebagai juara katagori putra dan putri dalam ajang tersebut. Grand Final Pemilihan Duta Pertanian 2019, digelar pada Sabtu (31/8) malam, pada agenda Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan, para duta pertanian yang terpilih akan menjadi juru kampanye pertanian di Kalbar. “Mereka memiliki tugas untuk menyebarluaskan berbagai informasi baik program pemerintah maupun prospek bidang pertanian. Sarana sosialisasi tersebut, kami serahkan kepada mereka, apakah  menggunakan media sosial, atau yang lainnya,” kata dia.

Harapan lainnya, lanjut Hero, para Duta Pertanian ini menjadi influencer generasi muda, dalam menggerakkan sektor pertanian, khususnya di Kalbar. Duta Pertanian, menurutnya, punya peran penting dalam memberikan edukasi tentang potensi pertanian, terlebih bila dikelola oleh kaum milenial.

Untuk diketahui, ajang pemilihan Duta Pertanian diikuti oleh 14 putra dan 13 putri dari beberapa delegasi dari kabupaten/kota di Kalbar. Kabid Hortikultura Distan TPH Kalbar yang merupakan juri pemilihan duta pertanian, Endang Kusumayanti, mengatakan, pemilihan pemenang duta pertanian berdasarkan pengamatan selama proses karantina, wawancara dan lainnya. Masa karantina hingga babak final, digelar sejak 24  hingga 31 Agustus 2019.

Irma Deva Oktavianti, Duta Pertanian Kalbar 2019 terpilih kategori putri, mengaku tidak menyangka akan meraih gelar tersebut. Baginya, status sebagai duta pertanian, merupakan amanah penting untuk direalisasikan dengan maksimal. Karena itu, mahasiswi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura ini, bertekad untuk berkontribusi dalam kemajuan pertanian di provinsi ini.

“Saya bertekad untuk ikut memajukan pertanian Kalbar sebagaimana kapasitas yang saya miliki,” tutur dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Arif Fadilah, Duta Pertanian terpilih kategori putra.  Mahasiswa  Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura ini,  bersyukur dinobatkan sebagai Duta Pertanian 2019. Baginya, pertanian merupakan hal yang ia sukai sejak masih kecil.

“Tentu saja, hal ini menjadi amanah. Kalbar memiliki potensi yang besar untuk pertanian serta menjadi lumbung pangan,” pungkas dia. (sti)

Read Previous

Peluncuran Produk Pipa Air Terbaru Rucika Kelen Green dan Rucika Kelox Hasil Inovasi Rucika dan Ke Kelit

Read Next

Persipon Menang Telak Atas Persikara

Tinggalkan Balasan

Most Popular