Edukasi Perpajakan Kaur Keuangan

pontianak post
EDUKASI: Para Kaur Keuangan di Kabupaten Landak mendapatkan edukasi perpajakan oleh KP2KP Ngabang. IST

KP2KP NGABANG

KEPALA urusan (Kaur) keuangan merupakan tulang punggung bagi pemerintahan desa. Soalnya, memiliki fungsi sebagai pengadministrasi keuangan pemerintahan desa. Administrasi keuangan sering berkaitan dengan pajak.

Berdasarkan hal tersebut, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ngabang mengadakan kegiatan edukasi perpajakan untuk meningkatkan pengetahuan perpajakan bagi Kaur Keuangan.

Bimbingan teknis ini dilangsungkan 20-21 Agustus 2019. Bimbingan ini dilaksanakan di ruang pertemuan KP2KP Ngabang  dengan peserta Kaur Keuangan yang ada di Kabupaten Landak.

Kepala KP2KP Ngabang Erwin Budi Hermawan berpesan agar Kaur Keuangan dapat berperan aktif dalam bimbingan teknis ini. Erwin juga meminta agar setiap Kaur Keuangan dapat memaksimalkan pertemuan ini untuk menambah pengetahuan mereka akan perpajakan. Narasumber bimbingan adalah Muhammad Redha pegawai KP2KP Ngabang.

Dalam bimbingan tersebut, Redha menjelaskan hak dan kewajiban perpajakan Kaur Keuangan baik tentang pajak yang berkaitan secara langsung dengan pengelolaan dana pemerintahan desa seperti PPh Pasal 21,22,23, PPN, serta bea meterai.

Salah satu peserta bimbingan Kaur Keuangan Desa Tonang Martin mengatakan, mereka selama ini bingung tentang pengenaan pajak akan barang galian c dan jasa makanan. Namun setelah mendengar penjelasan dari pemberi materi tersebut, dia merasa senang dan terbantu karena sekarang dia menjadi tahu bagaimana pengenaan pajaknya. Dia juga berterima kasih karena telah diundang untuk mengikuti acara bimbingan teknis tersebut.

Narasumber Muhammad Redha berharap dengan bimbingan teknis perpajakan para Kaur Keuangan di Kabupaten Landak memahami perpajakan yang benar dan tepat. (r/*)

loading...