Ekspedisi MKJP DAS Kapuas BKKBN Kalbar Sukses

Kapal Ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai Kapuas V yang dilaksanakan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat saat tiba di lokasi layanan.

EKSPEDISI Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai Kapuas yang dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat bersama mitra sukses menjangkau banyak akseptor. Dalam kegiatan yang berlangsung 16-25 September 2020 itu tingkat kepercayaan masyarakat dengan alat kontrasepsi jenis MKJP pun semakin tinggi.

Kepala perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar, Tenny Calvenny Soriton mengapresiasi tim ekspedisi MKJP DAS Kapuas yang melibatkan mitra BKKBN.

Suksesnye kegiatan promosi program Bangga Kencana di Kalbar ini juga berkat dukungan mitra BKKBN. “Kegiatan ini tentu memiliki dampak yang besar bagi masyarakat Provinsi Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Ia menambahkan tingkat keberhasilan tim ekspedisi MKJP Kapuas tidak bisa hanya dilihat dari jumlah akseptor yang dilayani. Akan tetapi promosi serta Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) pada masyarakat di daerah terpencil turut tersampaikan. “Saya yakin hasil dari pelayanan ini jika dilihat dari antusias masyarakat cukup tinggi,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan pelayanan KB bergerak DAS akan direncanakan kembali di tahun depan. Menurutnya masih banyak daerah di Kalimantan Barat yang perlu dilayani. Terutama pelayanan kepada masyarakat Kalbar pada daerah yang sulit dijangkau.

Tenny mengungkapkan, pemahaman masyarakat tentang metode kontrasepsi jangka panjang kini cukup bagus. Namun karena sekarang sedang musim hujan dan pandemi Covid-19. Kemudian kondisi geografis Kalimantan Barat yang begitu sulit. Sehingga banyak masyarakat yang menginginkan pelayanan mesti bersusah payah datang menuju tempat pelayanan. “Tapi itu bukan menjadi kendala. Petugas tetap mengusahakan melayani masyarakat,” katanya.

Ketua Tim Ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Kapuas, Hadirin mengatakan capaian pelayanan sudah cukup baik. Terlebih dukungan dari mitra pada kegiatan ini sangat mendukung sehingga dalam tiap titik berjalan sesuai dengan harapan.

Ia menambahkan masyarakat mengharapkan kegiatan pelayanan KB DAS terus berlanjut. Dijelaskannya pelayanan KB DAS ini kata dia merupakan satu-satunya kegiatan yang melayani masyarakat aliran sungai dengan menggunakan motor bandong.

Agar semakin menarik, kapal bandong pun dibranding sedemikian rupa. Di dalamnya terdapat berbagai informasi tentang program Bangga Kencana.

Selama pelayanan di tengah Pandemi Covid 19, pihaknya juga memberlakukan standar protokol kesehatan. Selain itu, sebelum teman-teman berlayar buat melayani masyarakat, terlebih dulu tim dilakukan rapid test.

Selain pemberian pelayanan pemasangan alat kontrasepsi kepada masyarakat, pihaknya juga dibantu teman-teman bidan senior untuk berbagi ilmu dengan bidan-bidan yang bertugas di daerah. Harapan dia ke depan pengetahuan bidan dalam bertugas melayani calon akseptor semakin baik. Dengan demikian capaian pemasangan utamanya alkon jenis MKJP semakin menjadi pilihan calon akseptor. (iza)

error: Content is protected !!