Empat Andalan, Mie dan Ikan Asin, Terasi serta Tahu

SAMBUT: Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, bersama rombongan KJRI Kuching UKM Singkawang Malaysia saat di Singkawang Expo 2019.HARI KURNIATHAMA/PONTIANAKPOST

Singkawang Expo; Produk IKM dan UKM Siap Bersaing

Empat produk IKM dan UKM, Mie dan Ikan Asin serta Tahu. Keempat produk ini tampil dalam expo. Masyarakat diminta untuk punya kepedulian terhadap produk unggulan daerah tersebut. Dibeli, dicoba baru dikomentari. Kasih saran dan masukan untuk jadi bahan evaluasi, agar lebih baik lagi

Hari Kurniathama, SINGKAWANG

WALI Kota Singkawang Tjhai Chui Mie membuka secara resmi Singkawang Expo 2019 di Kridasana, Rabu (21/8) malam.

Singkawang Expo selain dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI, juga dalam rangka memperingati HUT ke 18 Pemkot menjadi ajang gelaran produk ekonomi daerah.

“Tahun ini kita tetapkan ada empat produk IKM dan UKM kita, yakni Mie Asin, Terasi, Ikan Asin dan Tahu,” ungkapnya.

Keempat produk ini ditampilkan dalam Expo tersebut. Wali Kota Singkawang meminta agar masyarakat membeli produk unggulan daerah tersebut. Harapannya setelah membeli makan dirasakan dan dikomentari bagaimana rasa termasuk kemasan. “Silakan dibeli, dicoba dulu dan dikomentari, beri saran dan masukan ke kita demi kedepan sebagai evaluasi untuk lebih baik lagi,” katanya.

Karena Pemkot Singkawang ingin produk unggulan tersebut bisa menjadi andalan Kalbar bahkan Indonesia. “Jika yang dianggap baik maka kita akan genjot tingkat produksinya, jika kurang baik maka diperbaiki dengan modifikasi sehingga bisa bersaing,” katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya memfasilitasi UKM dan IKM baik dari segi bantuan pembinaan, pemodalan hingga pemasaran. “Dari stand yang saya keliling saya lihat kemasan dan rasa produk unggulan kita sudah baik, dan ini ingin lebih tingkatkan dengan kreasi dan modifikasi agar lebih bersaing lagi,” katanya.

Bahkan sebagai bentuk nyata promosi produk unggulan Kota Singkawang, Pemkot Singkawang bekerjasama dengan KJRI Indonesia di Kuching,Serawak Malaysia.

Tujuannya agar produk unggulan Singkawang dapat dikenal masyarakat Malaysia tersebut. Konsul Ekonomi KJRI Kuching Irhamna Fithriya yang hadir bersama tim mengatakan Pemkot Singkawang khususnya sudah beberapa kali ikut pameran di Malaysia dalam rangka promosi potensi unggulan Singkawang.

Dengan promosi yang dilakukan Pemkot Singkawang, kata Irhamna, maka tentu masyarakat di Malaysia sudah mengenal produk Singkawang kemudian rencananya dari Sarawak Malaysia akan berkunjung ke Singkawang dan sekaligus menindaklanjuti misalkan kerjasama dengan pengusaha, atau IKM, UKM yang ada di Singkawang.

“Memang soal produk unggulan daerah ini kita harus menggali potensi, jika sudah ada produk unggulan maka harus dipromosikan, kualitas lmenjadi harus diperhatikan serta mengetahui apa yang disukai oleh masyarakat diluar sana (Malaysia,red,),” katanya.

Tentunya pihak KJRI membantu promosu dan memasarkan produk produk Pemkot Singkawang dan daerah lainya yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini.

Dan perlu dipahami bahwa, kata dia, kerjsama perdagangan antar negara ini ada mekanisme aturan tersendiri sesuai kesepakatan yang dibangun secara bilateral kedua negara.

Dalam pembukaan pameran Singkawang Ekpo ini, UKM dan IKM unjuk gigi termasuk OPD di lingkup Pemkot Singkawang. Diharapkan dengan pameran ini produk unggulan IKM dan UKM dapat dikenal lebih luas lagi tak hanya di Singkawang melainkan juga di mancanegara khususnya Sarawak, Malaysia. (*)

Read Previous

Dandim Ikut Bertanding Turnamen Futsal Antar Instansi

Read Next

Ramaikan Karnaval Tenun Lunggi

Tinggalkan Balasan

Most Popular