Empat Siswa SMA GB Wakili Kalbar di ISPO 2020

FOTO BERSAMA: Orangtua, pembimbing, pengawas pembina, kepala sekolah, dan siswa KIR foto bersama sebelum keberangkatan di Bandara Internasional Supadio. IST

EMPAT siswa SMA Gembala Baik (SMA GB) yang terbagi dalam dalam dua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) berhasil lolos ke babak final Ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2020. Final ISPO Tahun 2020 akan berlangsung di Sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, 20-24 Februari 2020.  ISPO merupakan kegiatan tahunan untuk menumbuhkembangkan kompetensi pelajar SMP dan SMA dalam proyek penelitian ilmiah di bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer.

Winny Kurniawan SSi MSi, guru dan pembimbing KIR SMA GB menjelaskan bahwa ada 1.258 project yang mengikuti seleksi ISPO pada tahun ini dan hanya akan diambil 132 finalis. Antara lain bidang Fisika 12 project terbaik, bidang Biologi 27 project terbaik, bidang Kimia 22 project terbaik, bidang Komputer 15 project, bidang Lingkungan 27 project dan bidang Teknologi 29 project.

“KIR SMA GB mengirimkan dua project masing-masing bidang Biologi dan Fisika. Puji syukur dua project ini bisa masuk final,” ujar alumni S2 Kimia FMIPA Untan dan saat ini sedang mengambil program Doktoral di Universitas Brawijaya, Malang.

Tim Biologi beranggotakan Svensen Angel dan Cristina Svalen; serta tim Fisika beranggotakan Stefanie Chrisdian dan Hendy Hansen Forbes yang merupakan siswa/i Kelas XII MIPA Plus dan Reguler. Ditemui sesaat sebelum keberangkatan, Cristina dari tim Biologi menceritakan garis besar proyek penelitian mereka tentang pemanfaatan Kulit Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.) sebagai sumber antioksidan. Sedangkan Stefanie dari tim Fisika menuturkan mereka mengaplikasikan Karbon Aktif Batok Kelapa sebagai Masker Anti Gas Polutan.

Marsianus Ami SPd, Kepala SMA GB memohon doa restu dari masyarakat Kalimantan Barat dan Kota Pontianak khususnya, agar tim KIR SMA GB dapat memberikan hasil terbaik. Ia berharap KIR SMA GB dapat lebih mengharumkan nama daerah di tingkat nasional bahkan internasional, sebab perlombaan ISPO akan berlanjut sampai ke tingkat internasional.

“Terima kasih atas restu dari para Pastor Capusin Pengurus Yayasan Pendidikan Gembala Baik, ijin dari dewan guru, bimbingan dari pak Winny, dukungan moril dan materiil dari para orangtua siswa, serta motivasi dari pengawas pembina ibu Dra Hj Isnawati MSi,” pungkas kepala sekolah kelahiran Temabang ini. (ser)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!