Esensi Model Pembelajaran Di Sekolah

Lutina Sido, S.Pd.SD

Oleh: Lutina Sido, S.Pd.SD.*

Pada proses pembelajaran, model pembelajaran harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar peserta didik dapat menerima dan memahami materi pembelajaran dengan baik serta mendapatkan hasil sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sehingga dalam pengembangan model pembelajaran yang efektif, setiap guru dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang konsep dan cara-cara untuk mengimplementasikan model pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran yang efektif sangat berkaitan dengan pemahaman guru terhadap situasi dan kondisi yang ada dikelas tersebut. Selain itu hal yang harus diperhatikan seorang guru, seperti menyesuaikan situasi didalam kelas baik dari fasilitas yang disediakan maupun kondisi ruangan kelas. Juga faktor-faktor lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Untuk itu, seorang guru harus berperan aktif melakukan ide kreatif serta kreasi baru dalam proses belajar mengajar, agar kualitas pendidikan dapat berkembang menjadi lebih baik.

Pembelajaran yang berkualitas akan tercapai apabila guru menguasai teknik teknik penyajian materi atau metode yang tepat. Model/ Metode atau pendekatan merupakan pelicin jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode dan pendekatan dalam proses pembelajaran yang dipilih guru merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran

Pendidikan merupakan proses komunikasi dan informasi antara guru kepada siswa, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta siswa itu sendiri.

Tingkat pendidikan Sekolah Dasar merupakan pendidikan awal atau dasar, dimana anak mulai mengenal pendidikan yang sesungguhnya. Tidak seperti di Taman Kanak-Kanak yang pembelajaran cenderung berisi permainan. Pada tingkat pendidikan dasar ini anak mulai mengenal berbagai macam pengetahuan, sikap dan keterampilan. Anak mulai belajar beberapa mata pelajaran yang harus dikuasai, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan sebagainya.

Model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Menurut Arenda dalam Suprijono (2011) model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran dapat didefenisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan proses sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pengertian model pembelajaran merupakana bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.

Model pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain . Sugianto (2010) mengemukakan model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistemtis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas pembelajaran. Pandangan yang sama dikemukakan oleh Eggen dan Kauchak bahwa model pembelajaran memberikan kerangka dan cara bagi guru untuk mengajar.

Bahwa model semacam metode untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Juga bahwa model pembelajaran yang dipilih oleh guru dapat membantu siswa untuk mendapatkan atau memperoleh informasi, ide, keterampilan, dan cara berpikir, dan mengekspresikan ide sendiri. Dengan demikian model pembelajaran berpengaruh secara langsung terhadap keberhasilan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, tentunya seorang guru harus mempunyai strategi supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Strategi yang digunakan biasanya disebut model pembelajaran. Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang dianggap bisa dilaksanakan dengan baik di kelas sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Model pembelajaran adalah rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya Pemilihan model pembelajaran yang baik dirasa menjadi utama dalam proses belajar mengajar dikala apapun. Maksudnya walaupun dalam keadaan pandemic ataupun keadaan yang normal.

Hal ini terkait dengan kebutuhan siswa agar pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak terkesan monoton dan membosankan. Siswa mempunyai  hak untuk memperoleh pendidikan yang baik melalui model pembelajaran yang disesuaikan pada materi. Sehingga belajar dapat dilaksanakan dengan menyenangkan. Kemampuan guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi menjadi bukti kreatifitas guru dalam mengajar dan memberikan pendidikan yang baik. Oleh karena nya guru harus bisa mecari dan menyesuaikan model pembelajaran yang menyenangkan.

Diskusi dengan rekan sejawat dan juga banyak membaca buku menjadi kiat oleh seorang guru untuk mengajar dengan baik. Guru memiliki banyak pilihan untuk menggunakan model pembelajaran yang ada. Sangat penting menjadi bagian unuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk siswa. Hal ini menjadi esensi penting dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, kemampuan dan juga sarana dan prasarana siswa di sekolah yang ada.

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekolah akan membuat siswa merasa betah dan senang untuk belajar. Tak semua harus malah, lingkungan sekitar juga alam menjadi salah satu alternatif dalam memlilih model pembelajaran yang sesuai. Tinggal bagaimana guru untuk cerdas dalam menempatkan segala situasi sesuai dengan kondisi yang ada. Terutama saat pandemic seperti ini, kemampuan guru akan lebih diuji agar semua pembelajaran yang dilakukan oleh guru selalu bisa menyenangkan. Membuat siswa merasa senang dan betah untuk belajar merupakan  esensi penting dalam memilih model pembelajaran yang sesuai.

*) penulis adalah guru di SDN 18 Temiang Mali

error: Content is protected !!