Evakuasi Warga Sakit Akut, Tempuh 4 Jam Arungi Sungai

SANGGAU – Seorang warga Palapasang, Kecamatan Entikong, Susana Saroi (38), penderita batu ginjal akut dievakuasi oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 641 Beruang bersama warga setempat menuju Puskesmas Entikong melalui jalur sungai. Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono.

Evakuasi tersebut menindaklanjuti laporan Kepala Dusun dan Ketua Adat Palapasang bahwa ada seorang warga yang sudah 5 tahun menderita sakit batu ginjal kronis dan kesehatannya tidak kunjung membaik.

“Menurut keterangan dari personil pos selama ini Susana hanya menjalani pengobatan seadanya di rumah sehingga kondisi tubuhnya makin lemah dan tidak mampu lagi berjalan untuk berobat,” ungkapnya, Kamis (25/6).

Informasi itu ditindaklanjuti oleh anggotanya, Sertu Bayu Dwi Kusuma bersama tenaga kesehatan dari Pos Palapasang dengan mengunjungi rumah Susana Saroi untuk melihat kondisi kesehatannya. Setelah itu, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya prajurit TNI tersebut mengusulkan evakuasi ke Puskesmas Entikong untuk mendapatkan penanganan medis.

“Usai bermusyawarah bersama dengan keluarga, akhirnya suami Susana mempercayakan evakuasi yang ditawarkan anggota Satgas Yonif R-641/Bru ke puskesmas,” jelasnya.

Evakuasi dilakukan oleh Satgas melalui jalur sungai karena jalan darat menuju puskesmas kondisinya berlumpur, licin dan berbukit-bukit. Kondisi itu jelas tidak memungkinkan untuk dilewati. Apalagi jalan tersebut sulit ditembus sepeda motor saat hujan dan beresiko tinggi untuk keselamatan pasien.

Menurutnya, butuh empat jam perjalanan untuk mengevakuasi Susana menggunakan perahu dan dilanjutkan menggunakan mobil ambulan Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru.

“Kami berusaha membantu agar warga dapat penanganan medis yang seharusnya. Setelah empat jam melalui jalur sungai, akhirnya Susana sampai di Puskesmas Entikong dan mendapatkan perawatan kesehatan yang layak. Kita berharap kesehatannya segera membaik,” ujarnya. (sgg)

error: Content is protected !!