FAJI Pontianak Kirim Relawan Bantu Korban Banjir di Melawi

KIRIM RELAWAN: Pengkot FAJI Pontianak mengirim relawan guna membantu penanganan banjir yang melanda Kabupaten Melawi. SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Salurkan Sembako hingga Obat-obatan untuk Masyarakat Terdampak

Pengurus Kota Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Pontianak mengirim relawan, guna memberikan pertolongan pada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Melawi. Setidaknya, lima personel diberangkatkan mereka menuju Bumi Juang, menggunakan jalur darat, sembari membawa berbagai perlengkapan, seperti perahu karet, sembako, serta obat-obatan.

SIGIT ADRIYANTO, Pontianak

KETUA Pengurus Kota FAJI Pontianak, Nafal Ba’bud, menjelaskan, sejak Kamis (17/9) sore mereka sudah mengirim lima relawan, untuk membantu warga yang terkena musibah banjir di Melawi. “Dan hari ini (kemarin, Red), kita kirim tim susulan untuk membawa perlengkapan lainnya, termasuk tambahan sembako, obat-obatan, dan perahu karet untuk keperluan di sana,” jelasnya.

Khusus untuk obat-obatan sendiri, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, untuk memperkirakan apa-apa saja yang dibutuhkan dan penting untuk dibawa. Seperti di antaranya multivitamin, obat kulit, hingga obat diare. Mengingat beberapa penyakit tersebut, diakui dia, sangat riskan menjangkit di tengah situasi banjir yang terjadi di Melawi saat ini.

“Jadi ini juga bagian dari bentuk solidaritas FAJI Pontianak untuk masyarakat Kalbar. Terlebih, hal ini juga sejalan dengan konsep tiga pilar yang selama ini menjadi pedoman FAJI sendiri. Yakni aspek bina prestasi olahraga, pengembangan pariwisata khususnya arung jeram, dan terakhir adalah aksi kemanusian tanggap bencana,” terangnya.

“Untuk kali ini , kita khususkan ke pilar ketiga, yakni aksi kemanusiaan tanggap bencana. Jadi di sana nantinya relawan FAJI juga akan bergabung dengan pihak lainnya untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir,” timpalnya.

Lebih lanjut, ia juga memastikan bahwa relawan yang diterjunkan untuk membantu masyarakat semuanya dalam keadaan sehat. Namun tentunya, setibanya di Melawi, kelima relawan tersebut diharapkan dia, tetap berkoordinasi untuk melakukan pengecekan kesehatan mengingat situasi saat ini yang tengah berada di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan ini, saya berpesan kepada seluruh relawan Faji seluruh Kalbar yang turut terjun membantu masyarakat terdampak banjir di Melawi untuk tetap menjaga kesehatan dan yang terpenting untuk mengutamakan keselamatan saat bertugas,” pungkasnya. (*)

error: Content is protected !!