Festival Bacang Dukung Wisata

BACANG : Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie hadir pada acara Acara Vestifal Bacang 2020 di Gedung SCC Jl. Yos Sudarso Singkawang, Kamis (25/6).

SINGKAWANG–Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie hadir pada acara Acara Vestifal Bacang 2020 di Gedung Singkawang Cultur Center (SCC) Singkawang Jl. Yos Sudarso Singkawang, Kamis (25/6).

Kegiatan Festival Bacang 2020 ini mengusung tema “Berbagi Kasih”, pihak panitia penyelenggara menyiapkan 40.000 Bacang. Bacang atau Bakcang adalah makanan khas Tionghoa berbentuk segi tiga berbahan dari beras/ketan, daging ayam atau sapi sebagai isian.

Wali Kota Singkawang mendukung pelaksanaan kegiatan Festival Bacang ini yang pada tahun 2020 baru pertama kali diselenggarakan di Kota Singkawang. Melaku ajang ini Walikota berharap bisa memperkenalkan budaya Tionghoa Singkawang sebagai salah satu daya tarik wisata budaya di Kota Singkawang. Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Tionghoa Singkawang kepada masyarakat khususnya para generasi muda Kota Singkawang.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie berharap agar Festival Budaya ini  juga dapat digelar secara rutin dan dijadikan sebagai agenda tetap setiap tahunnya guna mendukung dan memajukan Pariwisata dan Budaya Kota Singkawang.

“Semoga dengan adanya acara ini dapat melestarikan dan menghargai budaya di Kota Singkawang,” kata Tjhai Chui Mie.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan sejumlah parade budaya yang ditampilkan, mulai dari pemukulan Loku, atraksi Musik Tradisional Tionghoa, Tarian Festival Duan Wu Jie yang dibawakan oleh Ako Amoi Hakka, persembahan lagu Festival Bacang, Demontrasi Cara Membuat Bak Cang dan Kicang.

Festival Budaya tersebut dibuka dengan tarian kolosal yang dibawakan oleh Ako Amoi Hakka. Para penari membawa Payung dan Alat Dayung Perahu Naga, berlengak lenggok menunjukkan kepiawaiannya di pusat acara. (har)