Festival Buah di Pontianak akan Dijadikan Sebagai Even Tahunan

DIMINATI : Masyarakat tidak hanya ingin tahu, tetapi juga ingin mencicipi dan membeli buah lokal. MARSITA RIANDINI/PONTIANAK POST

Eksotika Buah Kalbar

Beragam varietas buah di Kalimantan Barat dipamerkan melalui Festival Buah 2020 di Pontianak.  Kegiatan yang bertujuannya selain mengedukasi masyarakat tentang kekayaan alam Kalbar, juga meningkatkan sektor pariwisata ini akan menjadi evan tahunan.

MARSITA RIANDINI, Pontianak.

Tiga hari perhelatan Festival Buah Buahan 2020 di Pontianak sukses digelar. Pengunjung tidak hanya berasal dari Pontianak, tetapi dari luar daerah turut meramaikan acara ini. Keingintahuan masyarakat tentang keberadaan buah-buah lokal menjadi daya tarik tersendiri. Tua muda asyik bertanya tentang asal buah, cara mengolah dan memakannya. Juga mengabadikannya lewat ponsel pintar mereka.

Selain buah musiman seperti rambutan, durian, dan langsat, even ini juga menghadirkan ragam buah lokal Kalbar yang jarang dijumpai di pasar. Sebut saja buah ulin, gandaria, kubal, tampui atau tampoi, redan, empelanjau, kemayau, ucong pisang kapas, asam pauh, asam paya terong asam, mentawak dan asam payang, langsat, cempedak, durian, pisang kepok, berangan, angkaham, dan beberapa varietas buah lainnya.

“Bagus ya even ini. Sayangnya hanya beberapa hari. Ini menjadi even yang mengedukasi bagi masyarakat, terutama yang memang tidak pernah melihat buah-buah yang ditampilkan,” ujar Nur Rahmatika, salah satu pengunjung.  Nur pun mengabadikan momen ini dengan memotren buah-buah tersebut. Terutama pada keterangan foto yang menunjukkan nama, asal buah, dan cara menikmatinya.

“Ada beberapa buah yang ingin saya cicipi sebenarnya. Pengen tahu rasanya. Hanya saja masih bersifat pameran. Belum dijual untuk umum. Semoga festival selanjutnya semakin banyak buah-buahan lokal yang dijual juga,” katanya.  Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dalam acara pembukaan kemarin mengatakan even ini akan digelar tahunan untuk mengangkat potensi wisata buah lokal Kalbar. Menurut Edi,  perlu kreativitas dan inovasi untuk memperkenalkan buah lokal baik secara nasional maupun internasional. Berharap, ke depan buah lokal bisa dikembangkan dan menjadi sumber pendapatan.

Sementara itu, Syarif Saleh, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Kota Pontianak mengapresiasi sambutan luar biasa dari masyarakat untuk menyaksikan even perdana ini.  “Pengunjung luar biasa. Ada yang mencicipi sampai membeli beberapa buah lokal yang dijual di festival ini. Seperti tampoy, dan beberapa buah lainnya,” kata dia.

Saleh pun tak menyangka antusias masyarakat tidak hanya sekadar ingin tahu juga ingin membeli. Pihaknya akan mengevaluasi agar pelaksanaan ditahun berikutnya semakin meriah. Semakin banyak lagi buah-buah yang dihadirkan, sehingga masyarakat tidak hanya melihat tetapi juga bisa mencicipi bahkan membeli buah tersebut.

“Ke depannya kami berencana melibatkan kabupaten kota lainnya juga. Agar buah-buah yang ditampilkan semakin banyak,” katanya.  Perhelatan ini juga dirangkai dengan beragam kegiatan lainnya. Menurut Saleh, untuk menambah kemeriaah dibutuhkan kolaborasi, terutama kuliner. “Makanya kami juga menampilkan kuliner, panggung terbuka untuk menambah kemeriaah acara,” pungkasnya.

Hari ke tiga even ini, dirangkai dengan acara Open Tenat, Pelepasan Pelari 21 K Half Marathon, Pelepasan Pelari 5K Open dan SK Student, Pelepasan Pelari 1K kids, Fun Zumba, Pengumuman dan Doorprize, Lomba Mewarnai, Lomba Dance, Lomba Fashion Show, Break, dan Penutupan Acara. Digelarnya Pontianak City Run  untuk kedua kalinya di Kota Pontianak, mampu menghadirkan para peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sekitar 3500 peserta dari 10 negara ikut ambil bagian pada event tahun ini, pada Minggu (2/2) di Alun-alun Kapuas.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, digelarnya Pontianak City Run ini dapat mengangkat olahraga lari atau marathon sebagai olahraga yang menyenangkan bagi siapa saja. Selain itu kejuaraan ini juga bisa menjadi motivasi bagi para atlet lari Indonesia untuk meningkatkan prestasinya lebih baik lagi.**

loading...