Finalis Mesti Serius Memberikan Kemampuan Terbaik

tamu redaksi

BERTANDANG: Tim LPP RRI bersama lima finalis Bintang Radio LPP RRI Pontianak 2019 disambut tim redaksi Pontianak Post. SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Audisi Bintang Radio LPP RRI Pontianak 2019

Tim dari Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia bersama lima finalis Bintang Radio LPP RRI Pontianak 2019 menyambangi redaksi Pontianak Post pada Selasa (10/9). Kunjungan ini sebagai wujud kemitraan, sinergritas, serta memperkenalkan finalis yang akan adu kualitas pada babak final di kantor RRI, Rabu (11/9) malam.

SIGIT ADRIYANTO, Pontianak

KETUA Panitia Bintang Radio 2019, Raden Indra Suharya mengatakan sejauh ini proses seleksi sudah hampir selesai. Hanya tinggal memasuki babak final saja untuk menentukan satu pria dan satu wanita yang akan diberangkatkan ke Batu, Malang untuk mengikuti audisi Bintang Radio LPP RRI Indonesia 2019 tingkat nasional. Dia menceritakan proses audisi yang telah dilakukan oleh pihaknya dari awal hingga sudah sampai di babak final saat ini, meliputi audisi sebayak dua kali di dua tempat berbeda, babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final.

“Kami sudah lakukan audisi dengan proses yang cukup panjang. Audisi pertama dilakukan di Prodi Seni Tari, FKIP Untan pada (1/9). Kemudian audisi kedua dilakukan di kantor RRI Pontianak pada Rabu (4/9), babak penyisihan sudah dilakukan pada Minggu (8/9), babak semifinal dilakukan pada Senin (9/9).

Sementara untuk babak final akan dilakukan serentak di kantor RRI di seluruh Indonesia, pada (11/9) hari ini yang bertepatan dengan hari ulang tahun RRI ke-74,” ujarnya saat diwawancarai.

Sementara untuk kriteria finalis Bintang Radio yang akan dipilih oleh RRI Pontianak untuk disertakan kembali di audisi tingkat nasional nantinya, lanjut Indra akan diserahkan sepenuhnya kepada dewan juri yang akan menilai performa setiap finalis yang tampil di final. Ia menyatakan keseriusannya dalam menyaring bakat-bakat putra-putri terbaik yang ada untuk menjadi wakil dari RRI Pontianak yang akan bersaing di kancah nasional nantinya.

Salah satunya adalah dengan memanggil juri yang sudah berkompeten dan kaya akan pengalaman di Bintang Radio LPP RRI Indonesia. Selain itu, dia juga mengatakan juri yang telah dipilih untuk babak final adalah orang yang pernah menjadi juara di ajang yang sama (Bintang Radio LPP RRI) sebanyak dua kali, yakni di tahun 2005 dan 2007.

“Karena juri ini kita pilih terlahir dari bintang radio kita harap paling tidak, bisa memberikan sedikit ilmunya tentang pengalaman-pengalaman yang pernah beliau rasakan saat menjadi juara bintang radio ditingkat nasional,” tuturnya.

Hal ini dikatakan Indra lantaran dirinya yang sangat ambisius untuk menjadikan perwakilan RRI Pontianak menjadi jawara di audisi nasional, yang akan digelar pada (21/10) mendatang di Batu Malang. Bukan tanpa alasan, sebab menurut Indra hingga saat ini RRI pontianak sampai saat ini terhitung belum pernah sama sekali menjadi jawara di level nasional. Dia mengatakan, untuk raihan tertinggi yang pernah dicapai oleh wakil Pontianak adalah mencapai babak semifinal tingkat nasional tahun 2017.

“Siapapun yang dinyatakan lolos untuk berangkat, nantinya pemenang yang terpilih akan kita panggil lagi untuk dilatih, diberi arahan, dan juga sedikit masukan dari dewan juri. Paling tidak untuk menerpa tentang hal-hal apa saja yang bisa mendukung agar wakil kita nantinya bisa bersaing tingkat nasional,” jelasnya.

Indra melanjutkan, hal tersebut memang telah disiapkan untuk menggodok semangat dan juga hal-hal yang dianggap perlu bagi pemenang yang akan kita kirim ke seleksi pusat. Terlebih untuk menekan permasalahan yang sering kali dihadapi oleh wakil dari RRI Pontianak, terutama soal mental.

“Jadi dari yang sudah-sudah itu mereka hanya siap di lokal, sedangkan ketika sampai ke masional dia langsung down. Rata-rata masalahnya adalah mental dan itu pasti terjadi setiap tahun,” timpalnya.

Dia berharap bagi para peserta yang bakal mengikuti audisi babak final, semua bisa memberikan penampilan yang terbaik. Ia juga mengungkapkan, untuk audisi kali ini ditingkat nasional, RRI Pontianak tidak mematok target yang muluk-muluk. Hanya saja, peserta diminta serius dan mampu memberikan yang terbaik saat audisi berlangsung. Masalah menang atau kalah, Ia menganggap hal itu hanya sebagai bonus yang masih belum bisa diprediksi.

“Semoga saja nanti waktu audisi di tingkat nasional, karakter peserta yang dicari dewan juri (nasional) nantinya ada disalah satu peserta yang menjadi wakil dari RRI Pontianak yang diberangkatkan,” tutupnya. (*)

Read Previous

Udara Kota Pontianak Memburuk

Read Next

Dominasi Pertanian di Bumi Lawang Kuari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *