FKUB Bersama Polres Deklarasikan Pilkada Damai

Deklarasi: FKUB bersama dengan jajaran Polres Sekadau mendeklarasikan Pilkada 2020 damai, yang dilaksanakan di Tugu Ayam, Jalan Panglima Naga, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, pada Kamis (5/3). Sigit Adriyanto/Pontianak Post

Sekadau Hilir-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sekadau bersama jajaran Polres Sekadau menggelar mendeklarasikan Pemilukada 2020 yang damai. Hal tersebut diutarakan FKUB Sekadau, saat giat coffee morning yang berlangsung di warung kopi Akhing, Jalan Panglima Naga, Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, pada Kamis (5/3).

Tak hanya mendeklarasikan Pilkada damai, dalam kegiatan tersebut FKUB Sekadau juga mengajak tokoh adat serta tokoh agama yang ada di Kabupaten Sekadau guna duduk bersama untuk berdialog membahas gelaran Pilkada serentak yang akan dihadapi pada Sepember mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Sekadau, Paulus Lion mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kabupaten Sekadau untuk dapat saling menjaga kerukunan antarsesama. Dia pun berpesan, agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi Sekadau yang sampai saat ini masih terbilang kondusif. “Kondisi ini yang harus kita pelihara. Meskipun berbeda calon tapi kita tetap dalam satu kesatuan antara satu dengan lain,” ujarnya.

Dia pun berharap, agar gelaran Pilkada 2020 yang akan dihelat di Sekadau dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dari awal. “Karena tentunya kita ingin menjadikan Pilkada pemilihan Bupati 2020 ini tertib dan lancar tanpa hambatan,” katanya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala mengatakan bahwa peran dari FKUB Sekadau sampai saat ini sangat penting, terutama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Sekadau. Kondisi ini akan terus berlanjut dan peran penting dari FKUB Sekadau dalam menjaga keharmonisan masih diperlukan, mengingat Sekadau bakal menyongsong Pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada bulan September mendatang.

“Di sini kita sudah gandeng pemuka agama guna mendeklarasikan Pilkada 2020 yang damai, khususnya di Kabupaten Sekadau sendiri. Ini dilakukan setelah melihat peran penting dari mereka (FKUB) dalam menjaga stabilitas kerukunan antar umar beragama di Sekadau sampai saat ini,” jelas Kapolres.

Ke depan, Kapolres mengatakan akan menggandeng pihak lain, seperti tokoh pemuda, tokoh adat, organisasi masyarakat, penegak hukum hingga pers guna sama-sama menyuarakan pilkada yang kondusif dan aman. Langkah-langkah ini, sambung Kapolres, sebagai wujud serius Polri khususnya Polres Sekadau dalam menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. “Yang jelas kita akan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan yang sudah dicanangkan sejak awal, yaitu menjadikan Pemilukada Sekadau yang aman, tertib, dan sukses,” pungkasnya. (sig)

loading...