Gabus Gurih Kaya Khasiat

SPESIALISASI: Pedagang ikan di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak yang menjual ikan gabus. Ikan air tawar ini banyak dicari, selain enak juga bisa menjadi obat.MUJADI/PONTIANAKPOST

IKAN gabus merupakan ikan air tawar yang dapat ditemukan di seluruh perairan di Indonesia. Ikan gabus telah diasosiasikan sebagai obat, karena kandungan yang dimilikinya telah terbukti secara klinis pada beberapa penyakit.

Ikan Gabus memiliki kandungan protein yang tinggi, terutama albumin dan asam amino esensial, lemak khususnya asam lemak esensial, mineral khususnya zink/seng (Zn) dan beberapa vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Secara klinis, intervensi konsentrat protein ikan gabus dalam bentuk suplemen telah membantu mempercepat penyembuhan pasien pasca-operasi, luka bakar dan stroke pada pasien rawat inap di rumah sakit.

Makalah ini membahas tentang potensi produk olahan dan pengolahan ikan gabus sebagai makanan kesehatan. Produk olahan ikan gabus berupa abon, biskuit, amplang, nugget, otak-otak, bakso, dan empek-empek ikan gabus.

Pengolahan ikan gabus dapat berupa masakan Pallu Kacci (bugis-makassar), Pakumpe (Makassar) Nasu Parape (Bugis), Woku (Gorontalo) dan Pepes Ikan Gabus. Ikan gabus sangat potensial dijadikan sebagai makanan kesehatan, hal ini kerena kemudahan memperoleh ikan gabus dengan kandungan yang dimilikinya sangat baik untuk kesehatan serta khasiat yang telah terbukti secara klinis dan beragam produk olahan dan berbagai jenis masakan yang dapat dibuat dari ikan gabus. (*/net)

Read Previous

Mobile JKN Permudah Pelayanan Kesehatan

Read Next

Bakar Lahan Wajib Lapor ke Kepala Desa dengan Ketentuan

Tinggalkan Balasan

Most Popular