Galakkan Sosialisasi dan Kampanye Setop Karhutla

SOSIALISASI: Salah satu personel Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Hulu saat melakukan sosialisasi terkait bahaya karhutla. HUMAS POLRES FOR PONTIANAK POST

BALAI SEPUAK – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Sekadau terus menggencarkan sosialiasi terkait langkah antisipasi hingga pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tak terkecuali di daerah-daerah rawan seperti di Kecamatan Belitang Hulu yang saat ini terus digencarkan sosialisasi serta edukasi bagi masyarakat, terkait dampak negatif hingga bahaya yang ditimbulkan oleh karhutla.

Kapolres Sekadau melalui Kapolsek Belitang Hulu, Ipda Triyono, mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya terkait sosialiasi tersebut. Termasuk di antaranya dengan memaksimalkan peran Bhabinkamtibas untuk memastikan edukasi dan sosialiasi terus disampaikan kepada masyarakat di desa-desa binaan yang ada.

“Kita mulai gencarkan terkait sosialisasi bahaya karhutla sesuai dengan atensi menghadapi Operasi Bina Karuna Kapuas tahun 2020. Operasi ini merupakan operasi kewilayahan pada daerah-daerah rawan yang berpotensi terjadi Karhutla. Seperti yang kita ketahui untuk di Polda Kalbar sendiri diagendakan digelar serentak pada 15 Juli mendatang,” jelasnya, Rabu (8/7).

Pihaknya sejauh ini siap menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan Operasi Bina Karuna Kapuas tahun 2020 guna menjaga Kecamatan Belitang Hulu dari ancaman karhutla. Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi guna memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat terkait bahaya karhutla sendiri.

“Salah satunya adalah dengan memaksimalkan fungsi pengemban Binmas dan Bhabinkamtibmas disetiap jajaran Polres. Termasuk di antaranya kita (Polsek Belitang Hulu, Red),” katanya.

Dia juga menjelaskan peran penting Bhabinkamtibmas dalam hal ini adalah sebagai fungsi preventif atau pencegahan karhutla. Salah satunya adalah dengan menggalakkan kegiatan sambaing dengan cara door to door ke setiap rumah warga, guna memberi sosialisasi untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Seperti yang sebelumnya sudah dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas kita, yakni Briptu Wiro yang sudah mulai bergerak melakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Desa Terduk Dampak. Tak hanya sekadar sosialisasi, ia juga mengkampanyekan kepada warga binaannya tentang setop karhutla. Ini yang perlu ditiru oleh personel Bhabinkamtibmas lain di bawah naungan Polsek Belitang Hulu untuk menggalakkan hal seperti ini sejak dini,” terangnya.

“Terlebih kampanye setop karhutla sendiri selaras dengan program Kapolda Kalbar, yaitu program polisi sahabat petani dan sebelumnya telah dideklarasikan di Polres Sekadau. Selain itu, saya harap kehadiran Bhabinkamtibmas di setiap desa binaan, selain mengkampanyekan gerakan stop karhutla juga dapat membantu para petani di setiap desa binaan untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa asap dan membakar, melainkan dengan pengaplikasian cuka kayu,” pungkasnya. (var)

loading...