Gapki Kembali Salurkan Bantuan ke Sintang dan Melawi

GABUNGAN Pengusaha Kalapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Kalbar kembali menyerahkan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir, Sabtu (20/11/2021). Penyerahan dilakukan oleh Ketua Gapki Kalbar, Purwati Munawir, di dua kabupaten berbeda, yakni Sintang dan Melawi.

Di Sintang, sebanyak 1.000 paket sembako dan 5 ton beras diterima secara langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Sebelumnya, ada 2.000 paket dan 10 ton beras telah disalurkan, yang mana 500 paket didistribusikan oleh Gapki Korwil Sintang, dan sisanya diserahkan ke Pemkab Sintang melalui Dinas Sosial. Dengan begitu, sebanyak 3.000 paket sembako dan 15 ton beras dari Gapki Kalbar diperuntukkan bagi warga Sintang.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Gapki Kalimantan Barat yang sudah membantu masyarakat terdampak banjir di Sintang untuk yang ketiga kalinya,” ucap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina.

Pihaknya mengapresiasi perhatian yang sangat besar dari Gapki Kalbar terhadap musibah banjir yang melanda Kabupaten tersebut. Baginya, bantuan tersebut sangat berarti bagi warga yang masih menghadapi situasi banjir. Adapun bantuan yang diberikan sebelumnya telah disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Untuk bantuan yang ketiga ini, pihaknya sedang melakukan pendataan.

“Kami salurkan ke camat, nanti camat akan salurkan ke desa. Karena merekalah yang tahu persis mana saja warganya yang terdampak,” katanya.

Sementara itu, di Kabupaten Melawi, sebanyak 500 paket sembako dan 2,5 ton beras diserahkan ke Pemerintah Kabupaten. Bantuan tersebut adalah yang keduakalinya dilakukan oleh Gapki Kalbar setelah sebelumnya disumbangkan sebanyak 1.000 paket sembako dan 5 ton beras. Sehingga total bantuan yang disalurkan adalah 1.500 paket sembako dengan beras sebanyak 7,5 ton.

Pada penyerahan yang kedua, Bupati Melawi Panji, didampingi Wakil Bupati Dadi Sunarya Usfa Yursa menerima langsung bantuan paket sembako tersebut, Sabtu (20/11/11). “Kami mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gapki Kalbar, atas bantuan 1.500 paket untuk korban banjir di Kabupaten Melawi,” ucap Bupati Panji.

Bantuan tersebut baginya sangat bermanfaat dan akan meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Melawi. “Semoga amal kebaikannya mendapatkan ganjaran dari Tuhan yang Maha Esa,” kata Panji mendoakan.

Ketua Gapki Cabang Kalbar, Purwati Munawir menyampaikan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian perusahaan sawit atas kondisi banjir yang melanda sejumlah daerah di Kalbar. Bantuan untuk kabupaten Sintang dan Melawi adalah yang kesekiankalinya dilakukan oleh Gapki Kalbar, maupun perusahaan sawit yang menjadi anggota asosiasi ini.

“Kami berharap bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak banjir,” imbuh Purwati.

Menurut Purwati, Gapki berkomitmen membantu pemerintah dalam penangangan banjir yang melanda sejumlah Kabupaten di Kalbar. Sejak awal, Gapki bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan agar masyarakat tertolong dengan segera.

Bantuan sembako juga disalurkan ke Kabupaten Sanggau, Sekadau, Ketapang, dan Kapuas Hulu, yang notabene merupakan daerah terdampak banjir. “Kami berharap agar bencana ini segera berakhir. Masyarakat dapat kembali pulih dan beraktivitas seperti sedia kala,” pungkasnya. (ars)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!