Gelar Orientasi Kesehatan Olahraga

KESMAS: Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, melalui bidang Kesehatan Masyarakat berinisiatif melaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Olahraga.Istimewa

SAMBAS– Kesehatan Olahraga adalah kesehatan yang memanfaatkan aktivitas fisik dan olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan. Aktifitas fisik merupakan kebutuhan kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan untuk melakukan tugasnya.

Terkait hal tersebut, maka dianggap perlu dilaksanakan Orientasi Kesehatan Olahraga di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, melalui bidang Kesehatan Masyarakat berinisiatif melaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Olahraga di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, pada 16 April 2019 yang lalu. ” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola Program Kesehatan Olahraga di Puskesmas,” kata Sapani A Md KL, staf Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Orientasi Kesehatan Olahraga ini kata dia, diikuti Petugas Pengelola Program Kesehatan Olahraga Puskesmas berjumlah 28 orang dan kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Fatah Maryunani.

Adapun materi yang disampaikan dalam pertemuan ini adalah Kebijakan penyelenggaraan kesehatan olahraga, Pembinaan kebugaran jasmani, Pelaksanaan tes kebugaran jasmani. Dan yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Samsul Arifin SKM MM.

Dalam kesempatan itu, Samsul Arifin mengatakan bahwa visi Program kesehatan olahraga yaitu Masyarakat sehat bugar produktif. Sedangkan misinya yang utama adalah meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan prilaku sehat dan pembangunan berwawasan kesehatan; kedua Meningkatkan pelayanan kesehatan dalam mendukung program kesehatan olahraga; ketiga meningkatkan ketersediaan, pemerataan dan kualitas sumber daya kesehatan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Masih lanjut Samsul, kebijakan pelaksanaan Program Kesehatan Olahraga yaitu membangun masyarakat yang sehat, bugar dan produktif dengan menitikberatkan upaya promotif dan preventif, memperkuat kemitraan dan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan program kesehatan olahraga secara bertahap, terpadu dan berkesinambungan dan pengembangan program kesehatan olahraga melibatkan LP/LS, dunia usaha, swasta dan masyarakat serta penyelenggaraan program kesehatan olahraga sesuai standar profesi, standar pelayanan, dan SPO.(fah)

Read Previous

Masih Rendah Kualitas Tenaga Guru-Pendidikan

Read Next

13 Ribu Warga Kendawangan Belum Rekam KTP-el

Tinggalkan Balasan

Most Popular