Komisi B DPRD Landak Bahas 2 Raperda Inisiatif Eksekutif
Gelar Rapat Gabungan Bersama Eksekutif

Ketua Komisi B DPRD Landak Evi Juvenalis (kanan) memimpin rapat gabungan membahas dua Raperda inisiatif eksekutif, Rabu (21/7). Foto MC DPRD

NGABANG – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak bersama Tim Eksekutif membahas dua Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Inisiatif Eksekutif, yaitu Peraturan Daerah (PERDA) Pajak Sarang Burung Walet dan Pajak Daerah, Rabu (21/7).

Kegiatan berlangsung di ruang rapat dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Landak Oktapius dan dipimpin Ketua Komisi B, Evi Juvenalis dihadiri Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Landak.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Landak Evi Juvenalis menyampaikan pihaknya sudah membahas dua Raperda yang diusulkan oleh Pemerintah.

“Kita sudah menyelesaikan pembahasan 2 Raperda yang diusulkan oleh pemerintah Perda pajak sarang burung walet, dan Perda pajak daerah. Nanti tergantung pada Fraksi untuk menyampaikan pendapat menerima atau menolak. Proses pembahasan sudah dilaksankan berdasarkan mekanisme dan dinyatakan selesai,” papar Evi Juvenalis di ruang rapat.

Sementara itu dari Tim Eksekutif, Effendi menyampaikan pembahasan tarif pajak sarang burung wallet dan tarif pajak daerah yang akan diubah.

“Untuk pajak sarang burung walet kami membuat semacam analisa/mengkaji terhadap peraturan ini yang tadi bunyi pasal menjelaskan tentang sarang burung walet kita ubah menjadi pengenaan pajak sarang burung walet dari hasil nilai jual sarang walet. Dan Alasan kenapa Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang pajak daerah ini kami mau evaluasi, kami sebagai pelaksana aturan di lapangan menemukan kesulitan dari tarif yang ditetapkan seperti yang dip Perda ini secara rasional untuk kita lakukan di musim pandemi ini,” Jelas Effendi.(mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!