Gelar Uji Coba UAS Berbasis Online, Lebih Efektif serta Hemat

PELAKSANAAN UAS: Siswa-siswi SMA Negeri 3 Sukadana mengikuti ujicoba Ujian Akhir Sekolah (UAS) berbasis online di sekolah mereka. Ini merupakan gebrakan kali pertama sekolah tersebut untuk PAS 2019/2020. ISTIMEWA

SUKADANA – Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) berbasis online dinilai lebih efektif dan hemat. Penilaian tersebut disampaikan Kepala SMA Negeri 3 Sukadana Almustahar saat menyaksikan uji coba UAS berbasis online yang digelar di sekolahnya, kemarin.

“Pelaksanaan ulangan siswa ini sangat efektif dan bisa memangkas anggaran di sekolah,” kata dia. Pasalnya, dia membandingkan, dengan cara manual, mereka harus dilakukan penggandaan soal yang selama ini tidak sedikit memakan anggaran. “PAS (Penilaian Akhir Sekolah) online sangat efektif karena lebih mudah, murah, dan praktis, kegiatan ini mampu memangkas anggaran penggandaan soal ulangan,” ujar dia.

Kabupaten Kayong Utara melakukan uji coba UAS berbasis online buat kali pertama. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer dan laptop serta telfon seluler. Pelaksanaannya diikuti oleh 141 siswa dan berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. “PAS ganjil 2019/2020 di SMAN 3 Sukadana tahun ini mulai menerapkan penilaian berbasis online, dengan ujicoba di semester ini dengan tujuh mata pelajaran. Kegiatan ujian dilakukan menggunakan fasilitas lab. komputer dan ditambah dengan laptop siswa serta handphone,” ujar Almustahar.

Namun, pihaknya saat ini mengalami keterbatasan seperti kekurangan perangkat komputer dalam pelaksanaan UAS di sekolahnya tersebut. “Semester depan Insyaallah kami pakai bizsmart jadi basis android siswa semua bagi yang tidak punya HP android, bisa pakai komputer di labkom (laboratorium komputer),” tutupnya. (dan)

Read Previous

DPRD Tinjau Muara Sungai Kuala

Read Next

Muspika Hentikan Penambangan Pasir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *