Gempa Landa Bali dan Sebagian Jatim, Puluhan Bangunan Hancur

ROBOH: Satu unit rumah yang roboh di Busungbiu, Buleleng, Bali. PUTU MARDIKA/BALI EXPRES

SURABAYA – Gempa kembali memorak-porandakan beberapa daerah. Setelah pekan lalu mengguncang daerah Maluku Utara, kemarin (16/7) gempa melanda Bali dan sebagian daerah di Jawa Timur.

Sumber gempa berkekuatan 6 skala Richter (SR) itu berpusat di 83 kilometer barat daya Nusa Dua dengan kedalaman 68 kilometer. Meski gempa berpusat di tengah laut, BMKG menyatakan tidak berpotensi tsunami.

Kabupaten Badung menjadi wilayah yang terdampak paling parah. Menurut pantauan Bali Express, gempa tersebut mengakibatkan puluhan bangunan hancur. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung hingga pukul 17.00 kemarin, gempa berdampak di lima di antara enam kecamatan yang ada.

Kecamatan yang dominan terdampak adalah Kuta Selatan. Ada 24 bangunan yang mengalami kerusakan. Termasuk empat korban luka di SD Negeri 1 Ungasan. Para korban mengalami luka robek di kepala karena tertimpa genting.

Gempa juga berdampak pada beberapa bangunan sekolah lain, gapura ITDC, hotel, Mapolsek Kuta Selatan, kantor camat, dan pura. Bandara Ngurah Rai juga mengalami kerusakan di beberapa bagian.
”Kami masih melakukan pendataan. Yang urgen harus ditangani dahulu,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari kepada Bali Express.

Menurut laporan yang diterima BPBD Bali, setidaknya lima orang mengalami luka-luka. Lalu, 27 bangunan di beberapa kabupaten/kota di Bali mengalami kerusakan. ”Nihil korban jiwa,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Bali Made Rentin kemarin.

Lima korban luka itu antara lain terdiri atas dua siswa dan seorang guru di SDN 1 Ungasan, Kuta Selatan, Badung. Mereka terluka di bagian kepala karena tertimpa genting. Kemudian dua siswa SMPN 5 Mendoyo, Jembrana. Satu di antara dua orang itu bahkan sampai pingsan. Sedangkan satunya lagi mengalami luka lecet. (adi/hai/dik/aim/c9/oni)

Read Previous

Berkalung Botol Air Zamzam, Disemprotkan Kalau Panas, Diminum Kalau Haus

Read Next

Sanggau Menjebol Target Tiga Besar Kota Budaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *