Gerakan Nasional Tanggap Asap PKS Kalbar Telah Dibentuk

RUMAH OKSIGEN: Ketua DPW PKS Kalbar, Arif Joni Prasetyo, saat memantau keadaan salah satu pasien yang memiliki masalah pernafasan karena kabut asap, di posko rumah oksigen yang tersedia di Kantor DPW PKS Kalbar. SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Sediakan Rumah Oksigen hingga Patroli Oksigen buat Warga

Fenomena kabut asap saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya. Beberapa kerugian juga turut menghantui kehidupan masyarakat, dikarenakan asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini. Meminimalisir hal itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini telah membentuk gerakan nasional tanggap asap (Genta) yang diketahui saat ini sudah menjadi gerakan nasional kader PKS, mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.

SIGIT ADRIYANTO, Pontianak

KETUA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Kalbar, Arif Joni Prasetyo menjelaskan bahwa mereka saat ini telah meresmikan pembentukan posko Genta PKS Kalbar di Sekretariat DPW PKS Kalbar di Jalan Danau Sentarum, yang dilaksanakan Jumat (20/9) lalu. Keberadaan posko tersebut, diakui dia, sangat diperlukan, mengingat Kalbar saat ini menjadi salah satu provinsi dengan dampak terbesar yang diakibatkan oleh kabut asap.

Dia menegaskan dibentuknya Genta PKS Kalbar bertujuan untuk meminimalisir sekecil apapun dampak negatif dari kabut asap, yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ada lima program utama yang masuk dalam perencanaan Genta PKS Kalbar, meliputi pembentukan pemadam kebakaran (damkar) PKS, rumah oksigen, patroli oksigen, pembagian masker, dan distribusi air bersih untuk warga yang membutuhkan. Dari kelima program tersebut, empat di antaranya saat ini sudah mulai bergerak dan salah satu program masih dalam tahap pematangan perencanaan.

Arif menjelaskan, hingga saat ini mereka telah menerima enam pasien yang semuanya memiliki keluhan gangguan pernafasan di posko yang mereka dirikan itu. Ia juga mememastikan bahwa ruangan yang dipakai untuk rumah oksigen tersebut sudah cukup kondusif. Dia menjamin, suhu dan kebersihan ruangan tersebut selalu dalam penjagaan.

“Namun ini sifatnya hanya sebagai pertolongan pertama bagi warga yang rentan terpapar kabut asap. Jika kita ketahui kondisinya sudah parah, kita akan rujuk ke rumkit atau puskemas terdekat untuk pertolongan medis lebih baik,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak tersebut saat diwawancarai Pontianak Post, Sabtu (21/9).

Selain itu, mereka juga membentuk tim pemadam kebakaran yang beranggotakan dari relawan-relawan DPW PKS Kalbar sebanyak 30 orang. Pembentukan tim damkar ini dirasa mereka perlu, setelah melihat kondisi Kota Pontianak yang saat ini kerap diselubungi asap sehari-harinya dan kondisinya cukup intens.

“Tim damkar kita sudah turun beberapa kali, di antaranya kemarin di daerah Sungai Raya Dalam. Kemudian di daerah Pontianak Utara beberapa kali sudah turun. Di samping itu, kita juga rutin adakan patroli, terutama di wilayah yang rentan dan berpotensi terjadi karhutla,” lanjutnya.

Selain patroli karhutla, program lain mereka yang sudah berjalan adalah patroli oksigen, yang berfungsi memberi pertolongan kepada masyarakat yang terkena dampak dari asap. Kemudian program bagi-bagi masker oleh mereka di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya juga telah berjalan sampai saat ini. Setidaknya kurang lebih 11 ribu masker yang mereka bagikan kepada masyarkat. Sementara untuk satu program lainnya, yakni pembagian air bersih, masih dalam pematangan perencanaan

“Ini sudah kita sebarkan, terutama untuk warga yang sedang beraktivitas di luar rumah. Dan untuk pembagian air masih kita mantapkan agar itu (air bersih) bisa diterima oleh yang benar-benar membutuhkan dan tidak salah tangan,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk turut membantu program-program Genta tersebut. Salah satunya dengan ikut berpartisipasi, serta membantu dalam bentuk apapun, guna meminimalisir dampak dari bahaya asap ini. Ia juga meminta kepada pemerintah yang memiliki wewenang untuk menindak tegas setiap pelaku, baik perusahaan maupun perorangan yang sengaja membakar lahan dan hutan.

Mereka bahkan menyediakan call center yang selalu siap memantau dan stand by selama 24 jam penuh, demi membantu menangani masalah asap ini. Selain itu, pihaknya juga menyediadakan jasa antar jemput, apabila ada warga yang membutuhkan pertolongan yang dikarenakan masalah asap ini.

“Kita juga ada sediakan call center. Jadi apabila ada warga yang butuh pertolongan dan ingin dijemput untuk bisa dibawa ke tempat yang aman, bisa hubungi kami. Apakah kerumah oksigen yang telah disediakan oleh kami atau posko-posko yang sudah disediakan oleh pemerintah, bahkan ke rumah sakit sekalipun. Bagi warga yang membutuhkan bisa menghubungi call center Genta PKS Kalbar di nomor 085393858305,” pungkas calon anggota DPRD Kalbar terpilih tersebut. (*)

Read Previous

Workshop HIPO Academy Perdana di Kalbar

Read Next

Pelari Kenya Sabet Juara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *