Gowes Peserta Raker Apeksi; Bima Senang Trek yang Rata dan Udara yang Masih Segar

BERSEPEDA: Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kanan) dan Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya bersepeda mengelilingi di Pontianak.

Jajaran wali kota se-Kalimantan yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) V Regional Kalimantan bersama Ketua Apeksi Bima Arya bersepeda keliling Kota Pontianak. 

RAMSES TOBING, Pontianak

START dari Hotel Aston Pontianak, rombongan mengayuh sepeda menempuh rute Jalan Hijas, Tanjungpura, Rahadi Usman, Sidas, Jenderal Urip, HOS Cokroaminoto, Gusti Sulung Lelanang, Ahmad Yani dan finish di Taman Sepeda Untan.

Ketua Apeksi yang juga menjabat Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi ajakan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono selaku tuan rumah penyelenggara Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan untuk bersepeda menyusuri jalan Kota Pontianak sekaligus menanam pohon. “Kami senang karena treknya rata, udaranya masih segar,” ungkapnya usai gowes bersama kepala daerah lainnya, Kamis (25/3).

Menurutnya, bagi orang yang gemar bersepeda, menempuh trek di ruas jalan Kota Pontianak sangat menyenangkan meskipun rute yang ditempuh rombongan jaraknya kurang jauh. “Kalau dua kali lipat dari rute tadi tentu akan lebih leluasa untuk menikmati bersepeda di Pontianak,” sebut Bima.

Ia juga memberikan masukan kepada Wali Kota Edi Kamtono untuk merangkul pehobi sepeda maupun yang tergabung dalam komunitas sepeda, menggelar event-event sepeda dan memperbanyak jalur sepeda.

“Sebab tata kotanya sangat menunjang bagi orang yang hobi bersepeda, pesepeda pasti senang untuk gowes di jalanan Pontianak,” terangnya.

Edi menambahkan, kegiatan bersepeda ini untuk memperkenalkan suasana Kota Pontianak terutama di pagi hari pada para tamu raker Apeksi Regional Kalimantan. “Sehingga tamu-tamu bisa merasakan udara pagi di Kota Pontianak yang masih segar,” imbuhnya.

Menanggapi masukan dari Ketua Apeksi Bima Arya, Edi menyambut baik yang disampaikan Wali Kota Bogor. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Diantaranya menyediakan jalur sepeda di beberapa ruas jalan serta taman sepeda. ”Tentunya dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatan, juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan karena mengurangi polusi udara,” katanya.

Satu di antara komitmen itu adalah membangun Taman Sepeda yang berlokasi di eks Cafe Nineteen Untan, akan dituntaskan di tahun 2021. Saat ini, lanjut Edi, pekerjaannya sudah berjalan setengahnya. Diperkirakan pertengahan tahun 2021 sudah tuntas.

Dia menjelaskan, taman sepeda akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang diantaranya parkir sepeda, plaza, untuk aktivitas tidak hanya bagi komunitas sepeda tetapi juga umum, serta diorama atlet-atlet sepeda yang telah mengukir prestasi terutama di tingkat nasional maupun internasional.

Keberadaan diorama itu sebagai penghargaan kepada atlet-atlet tersebut sekaligus juga bisa memberikan semangat kepada atlet-atlet muda untuk bisa berprestasi.

“Secara bertahap ruang terbuka hijau, kawasan yang tidak tertata, kita tata, kita percantik sehingga Kota Pontianak memiliki banyak tempat untuk warga melakukan aktivitas rekreasi sekaligus olahraga dan kegiatan lainnya,” pungkasnya.

Usai bersepeda, para wali kota beserta Forkopimda Kota Pontianak melakukan penanaman pohon bersama di Taman Sepeda. Adapun pemerintah kota yang hadir pada raker ini adalah Kota Pontianak, Singkawang, Banjarmasin, Balikpapan, Banjarbaru, Tarakan, Samarinda, Palangkaraya dan Bontang. (*/r)

 

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!