Gowes Virtual Fun Bike 2020

Bersih Rambu: Tim Bike To Work Pontianak membersihkan rambu lalu lintas yang usang akibat debu yang menempel. Mirza/Pontianak Post

Jaga Keselamatan Jalan Pesepeda, Sukarela Bersihkan Rambu Lalin

Kegiatan Virtual Fun Bike Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2020 tahun ini dirayakan dengan bersepeda sambil membersihkan rambu lalu lintas di seluruh jalan Indonesia. Pontianak juga tak ketinggalan mengikuti event nasional ini. Banyak komunitas sepeda ikut berpartisipasi. Gowes sambil membersihkan rambu lalu lintas menjadi pengalaman menyenangkan.

Mirza Ahmad Muin, Pontianak    

Pembukaan kegiatan Virtual Fun Bike Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2020 oleh Kementerian Perhubungan RI dilakukan Sabtu pagi dengan cara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Dari aplikasi itu, pesepeda sebagai peserta di seluruh Indonesia menunggu Menteri Perhubungan melepas para pesepeda pukul 07.30 WIB. Acara yang digagas Kementerian  Perhubungan itu, merangkul para pesepeda untuk ikut berkontribusi dalam keselamatan di jalan. Satu tim pesepeda diikuti oleh lima orang. Ke lima orang pesepeda ini, akan menjajal rute 10 kilometer dengan pilihan rute diserahkan sepenuhnya oleh tiap tim. Tugas tiap tim itu, sambil bersepeda juga membersihkan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

Salah satu tim yang mengikuti Virtual Fun Bike PNKJ 2020, Bike To Work Pontianak, memilih lokasi Rumah Radakng sebagai posisi awal untuk melakukan start. “Start kami dari Rumah Radakng. Usai pembukaan Virtual Fun Bike oleh pak Menteri Perhubungan, kamipun langsung gowes sejauh 10 km. Rutenya sudah  kami pilih,” kata Ketua Tim sepeda Bike To Work Pontianak, Rudi. Rute timnya, dimulai dari Rumah Radakng Jalan Sultan Syahrir Abdurahman-Urai Bawadi-Pangeran Natakusuma-H Rais A Rahman-Pak Kasih-Rahadi Usman-Juanda-Patimura-Gajah Mada-Veteran-Ahmad Yani-dan Abdul Rahman Saleh.

Disepanjang jalan yang dilalui. Setiap ditemukan rambu di tepi jalan, teman-teman pesepeda ini berhenti  untuk membersihkan tiap rambu. Pembersih seperti air, lap dan sabun yang disimpan di dalam tas menjadi senjatanya. Kebanyakan rambu-rambu yang ditemukan kotor karena debu yang melekat. Namun setelah dibersihkan, rambu-rambu lalu lintas itu kembali mengkilat. Beberapa rambu juga ditemukan sudah usang. Itu karena catnya mulai memudar. Selain itu, ditemukan pula rambu yang posisinya miring.

Selain membersihkan rambu-rambu lalu lintas, tim  Bike To Work Pontianak juga membersihkan tombol pelican crossing yang berada di Jalan Gajah Mada, tepat di Depan Hotel Neo dan Hotel Harris. Usai dibersihkan, Tim Bike To Work juga mencoba alat tersebut. Meski telah terdengar imbauan untuk  kendaraan  berhenti, namun para pengendara belum terbiasa dengan alat tersebut. Beberapa pengguna jalan justru meminta bantuan dengan memberi aba-aba tangan buat menyetop kendaraan.

Dikatakan Rudi, total terdapat puluhan rambu lalu lintas yang dibersihkan mulai dari rute Rumah Radakng hingga finish di Rumah Dinas Wali Kota Pontianak. Menurut dia, kegiatan ini menyenangkan. Selain bersepeda, teman-teman peserta juga diminta buat membersihkan rambu-rambu lalu lintas. “Kelihatannya sepele. Namun ketika dilihat, memang banyak rambu yang usang karena debu yang  melekat. Kami bersihkan setiap rambu lalu lintas yang kami lewati itu,” ungkapnya. Kegiatan bersepeda yang diadakan  ini  mengusung tema gowes tertib bersih-bersih. Taglinenya sayangi nyawa suarakan keselamatan jalan. Suara keselamatan jalan kata dia juga merupakan kampanye yang diusung Bike To Work. “Otomatis kami sangat mendukung. Ini  even nasional serentak diikuti seluruh provinsi di Indonesia,” tandasnya.(**)

error: Content is protected !!