Gubernur Bakal Tempatkan Pengganti Kepala Daerah yang Netral

VIRTUAL : Gubernur Kalbar Sutramdiji saat mengikuti kegiatan kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN di Data Analytic Room, Kalbar, Rabu (5/8). IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

PONTIANAK-Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengingatkan soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini. Sebagai gubernur ia berjanji akan menempatkan Plt maupun Pjs kepala daerah di tujuh daerah yang menggelar pilkada betul-betul tidak berpihak.

“Saya akan lihat misalnya ada salah satu calon satu alumni, dia tidak akan tidak termasuk jadi Plt atau Pjs. Walaupun dalam aturan tidak ada, saya akan menjaga itu,” ungkapnya usai mengikuti kegiatan kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN di Data Analytic Room, Kalbar, Rabu (5/8).

Selain itu Midji sapaan akrabnya, meminta kepada seluruh ASN tetap netral saat Pilkada nanti. Walaupun ada beberapa daerah yang calonnya merupakan ASN, ia berharap tidak membuat ASN di daerah tersebut melanggar.

“Netral dalam arti tidak mengajak, kalau menggunakan hak pilihnya silahkan, tapi tidak mengajak orang secara terbuka maupun tidak untuk memilih salah satu pasangan calon. Itu jangan,” tegasnya.

Secara pribadi orang nomor satu di Kalbar itu memastikan tidak akan mengkampanyekan siapapun dan dari partai manapun dalam Pilkada Serentak di Kalbar. Ia ingin tetap menjadi wasit yang baik. Sehingga siapa pun yang mengundangnya untuk memberikan materi tentang netralitas ASN ia pasti akan datang. Midji menegaskan tidak akan ada keberpihakan dirinya pada siapapun.

“Ini hak masyarakat bukan hak kita, hak masyarakat untuk memilih orang yang diberi tanggung jawab untuk membimbing atau mengatur tata kehidupan mereka dengan baik,” pungkasnya.(bar)

error: Content is protected !!