Gubernur Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator

MEMBUKA: Gubernur Kalbar didampingi kepala BPSDM mengalungkan tanda peserta menandai dibukanya pelatihan. FOTO ISTIMEWA

GUBERNUR Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum, Rabu (25/08) membuka kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021. Gubernur membuka kegiatan dari Ruang Daring Kantor Gubernur bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalbar. Sementara peserta berada di Aula Bhineka Tunggal Ika kantor BPSDM Kalbar Jl. M. Sohor Pontianak. Hadir pula secara Daring, Kepala Lembaga Administrai Negara (LAN) RI yang juga berkesempatan memberikan sambutan.

Gubernur Kalimantan Barat dalam sambutannya berpesan kepada para peserta yang merupakan pimpinan administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat agar terus mengembangkan diri dengan terus menjaga motivasi belajar, menjaga integritas, kreativ, disiplin dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

“Bapak/Ibu juga jangan memberikan beban kepada staf atau bawahan yang tidak berdasarkan peraturan perundang – undangan agar bapak bisa tegak di hadapan orang yang bapak pimpin dan tentunya di hadapan masyarakat yang bapak layani,” tuturnya.

Sutarmidji juga berpesan agara para pejabat terus berinovasi agar pelayanan bisa lebih cepat dan inovatif. Dalam upaya dalam mewujudkan SDM berkualitas yang tertuang di dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS adalah pengembangan kompetensi bagi setiap ASN, yang dapat dilaksanakan dalam bentuk pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian melalui pendidikan formal, ataupun melalui pelatihan yang dapat dilakukan melalui jalur pelatihan klasikal/tatap muka di kelas dan non klasikal melalui distance learning atau pembelajaran jarak jauh.

Dalam kaitan pengembangan kompetensi tersebut serta dengan mempertimbangkan situasi pendemi Covid-19 yang belum mereda, pilihan metode Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang akan dilaksanakan dengan  pembelajaran jarak jauh (distance learning), sesungguhnya merupakan sebuah inovasi dan upaya untuk tetap dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas bagi setiap pejabat Administrator yang ada pada setiaporganisasi perangkat daerah di tengah-tengah keterbatasn yang ada akibat pandemi.

Melalui pelaksanaan pelatihan yang dirancang oleh LAN RI, diharapkan akan terwujud para Pejabat Administrator yang memiliki Kompetensi Kepemimpinan Kinerja sebagai kompetensi manajerial untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator yang merupakan kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Pejabat Pengawas dan Pelaksana dalam memberikan pelayanan publik sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan.(ags/ser)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!