Kelola Keuangan dalam Kebersamaan
Gubernur Jadi Anggota CU Pancur Kasih

BUKU TABUNGAN: Gubernur Kalbar Sutarmidji resmi menjadi anggota CU Pancur Kasih yang ditandai dengan pemberian tiga buku tabungan dari CU Pancur Kasih, kemarin. ISTIMEWA

PONTIANAK – Menjadi sebuah hal yang membanggakan bagi CU Pancur Kasih, karena tepat pada 23 Juni 2021, Gubernur Kalbar Sutarmidji menjadi anggota CU Pancur Kasih yang ditandai dengan pemberian tiga buku tabungan dari CU Pancur Kasih ke orang nomor satu di Bumi Khatulistiwa itu.

“Sebagai anggota saya akan nabung di sana. Saya lihat CU Pancur Kasih ini sebagai akses permodalan yang sehat bahkan sekarang ini Pancur Kasih siap membiayai untuk kegiatan usaha,” ungkap Bang Midji, sapaan akrab Gubernur Kalbar Sutarmidji, kepada wartawan usai melakukan penyerahan buku tabungan di ruang kerja Gubernur Kalbar, Rabu (23/6).

Sebagai anggota ia menjelaskan melihat perkembangan CU yang bagus dengan kantor yang bisa dibangun dan dapat menjadi fasum di Pontianak Utara.

Diakui mantan Wali Kota Pontianak dua periode itu bahwa gedung CU dengan fasilitas umum merupakan bangunan yang sangat representatif di Pontianak Utara.

“Artinya keberadaan pancur kasih di sana bisa membantu masyarakat tidak hanya dari sisi modal usaha simpan pinjam tapi juga untuk kegiatan sosial masyarakat. Saya lihat bagus aulanya bisa muat 500 orang kalau normal belum pandemi bisa 1000. Ini bagus kalau pemerintah yang bangun mungkin lebih dari itu biayanya dengan tiga gedung itu bagus. Terus maju pancur kasih,” kata Gubernur Kalbar.

Ketua Pengurus CU Pancur Kasih Gabriel Marto, S.Pd menghaturkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar yang dianggap memiliki konsen yang luar biasa terhadap aktivitas masyarakat Kalbar terutama dalam memperhatikan ekonomi masyarakat.

“Apa yang dilakukan CU Pancur Kasih sebenarnya adalah membangun koperasi sejati, tapi tidak sekedar koperasi dan Gubernur Kalbar berkenan masuk menjadi anggota CU Pancur Kasih ini hal yang positif dan luar biasa,” ungkapnya kepada wartawan usai melakukan penyerahan buku tabungan di ruang kerja Gubernur Kalbar, Rabu (23/6).

Menurutnya, hal ini membuktikan Gubernur Kalbar memiliki komitmen bersama masyarakat Kalbar lewat Pancur Kasih karena ketika seseorang menjadi anggota, maka secara otomatis juga sebagai pemilik dan pengguna jasa.

“CU ini tidak hanya simpan pinjam tetapi juga ada sosialnya untuk sakit dan meninggal yang berkontribusi lewat iuran sebelumnya membantu diri sendiri. Dengan Gubernur menjadi anggota maka akan ikut berkontribusi untuk membantu masyarakat dan mempunyai hak yang sama menjadi anggota. Khususnya santunan duka hanya dengan membayar 100 ribu setahun kalau terjadi musibah sampai meninggal akan dapat santunan 12 juta maksimal,” paparnya.

Kemudian simpanan pinjam dijelaskannya sebagai pelindung dan semua itu dikelola mandiri dengan semangat gotong royong saling menolong diri sendiri dan orang lain.

“Kami bangga Pak Gub berkenan menjadi anggota. Di CU bukan soal duit tapi pemberdayaan manusia secara bersama untuk mengelola keuangan terbatas dalam kebersamaan dengan semangat kekeluargaan,” tuturnya.

Gabriel juga menjelaskan di CU Pancur Kasih terkait soal pinjaman tidak rumit hanya dengan melihat anggota jika aktif dan layak mampu maka pihak CU akan segera mencairkan pinjaman.

“Kita tidak kalah punya CU dengan Mobile bisa setor lewat Mobile bisa lihat saldo dan bayar apa saja listrik air semua bisa. Kita sudah punya izin dari BI. Dalam layanan kita beri kemudahan untuk anggota,” urainya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalbar Ansfridus Andjioe menambahkan jika ia sangat mengapresiasi langkah Gubernur Kalbar yang mendukung kegiatan perekonomian Kalbar dengan menjadi anggota.

“Dengan masuknya Gubernur menjadi anggota Pancur Kasih dan merasa memiliki   ibeliau masuk dan mendukung. Ini luar biasa untuk yang terlibat dalam CU dan mendapat dukungan dari Pak Gub dan patut diapresiasi,” pungkas Ansfridus. (mrd/r)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!