Gunting Masker Sebelum Dibuang

Tinorma Butar Butar

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Tinorma Butar Butar mengimbau masyarakat agar mencuci dan menggunting masker sebelum dibuang masker ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Hal ini guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada petugas kebersihan yang bekerja di lapangan.

“Dari informasi yang saya dapat dari petugas lapangan, memang terdapat kenaikan jumlah sampah rumah tangga jenis masker. Sebagai antisipasi penularan Covid, saya minta masyarakat, sebelum membuang masker, dapat dicuci terlebih dahulu. Setelah dicuci lalu digunting barulah dibuang ke TPS,” kata Tinorma Butar Butar, Sabtu (30/5).

Untuk sampah jenis masker dan APD yang dihasilkan rumah sakit penanganannya langsung dimusnahkan menggunakan incinerator. Namun untuk sampah rumah tangga jenis masker, pengambilannya masih dilakukan oleh petugas kebersihan ke TPS-TPS yang ada di enam kecamatan Kota Pontianak.

Tinorma juga sudah meminta para petugas kebersihan di lapangan untuk selalu menggunakan sarung tangan, masker dan pakaian standar. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Sebagian besar petugas kami sudah paham. Namun tak saya tutupi, kadang petugas agak risih menggunakan masker dan perlengkapan lainnya. Tapi karena masa pandemi saya minta aturan ini diindahkan,” ungkapnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Pontianak, Nurfadli melihat kebutuhan penggunaan masker semenjak pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Utamanya masker jenis medis.

Ia pun meminta agar sebelum dibuang ke tempat sampah, hendaknya masker habis pakai itu digunting. Selain menghindari penyebaran Covid-19, tindakan tersebut juga untuk mencegah niat oknum mencari keuntungan, misalnya dengan mengambil masker itu di tempat sampah, lalu dicuci untuk kemudian dijual lagi di pasaran.

“Hal yang seperti ini bisa saja terjadi. Makanya perlu antisipasi dan pengawasan oleh petugas kebersihan. Jika ada oknum yang mencari dan mengumpulkan sampah masker di TPS itu perlu dicurigai,” tegasnya.(iza)

error: Content is protected !!