Hadiri Pembukaan KKI Seri 2 secara Virtual, Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Ajak UMKM Ambil Peluang

PONTIANAK – Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, mengajak para perajin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengambil peluang dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Hal ini ditegaskannya usai menghadiri pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 2 secara virtual, Rabu (7/10/2020).

“Ada beberapa hal yang perlu kita cermati, bahwa dalam setiap permasalahan yang terjadi, hendaknya kita bisa mengambil sikap positif dan bisa mencari peluang dari hal-hal yang baru muncul, dalam hal ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ny. Hj. Lismaryani.

Dari kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 2, dia mengatakan Dekranasda akan bersinergi dengan UMKM dengan mendorong UMKM sebagai kekuatan baru bagi daerah di era digital.

“Pandemi COVID-19 ini harus dimanfaatkan secara intensif dengan mendorong para perajin melakukan inovasi digital. Dengan adanya teknologi digital ini tentunya sangat membantu UMKM kerajinan pada saat adaptasi kebiasaan baru,” terang istri orang nomor satu di Kalbar ini.

Peran Dekranasda Provinsi Kalbar, menurut Ny. Hj. Lismaryani, mampu membantu Pemerintah dalam membina perajin untuk menghasilkan produk-produk kerajinan berdaya saing tinggi. Ditambahkannya, Dekranasda juga harus membantu dalam meningkatkan daya saing produk kerajinan daerah berbasis kearifan lokal dengan selera global.

“Tentunya melalui pengembangan inovasi desain, kreativitas, dan efisiensi sehingga mampu menembus pasar dunia,” ujarnya.

Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji mengajak para pelaku UMKM dan juga masyarakat Kalimantan Barat untuk mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dia bertekad akan mengembangkan semangat tersebut menjadi Bangga Buatan Kalbar.

“Kampanye ini harus terus digalakkan untuk menciptakan kesadaran, kecintaan, dan kebanggan hingga akhirnya bangga menggunakan produk-produk lokal dan nasional bagi kita dan masyarakat Kalbar seluruhnya,” pungkas Ny. Hj. Lismaryani.**

error: Content is protected !!